Berikut Empat Penyebab Haid Cenderung Datang Lebih Cepat

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Sabtu, 13 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Silus menstruasi setiap perempuan berbeda-beda. Untuk siklus biasanya antara 21 hingga 35 hari, sementara durasinya 2 hingga 7 hari. Hal ini dalam kondisi yang normal.

Beberapa perempuan kerap mengalami siklus haid yang lebih cepat, yaitu kurang dari 21 hari. Banyak faktor yang menyebabkan siklus hadi jadi lebih cepat, berikut beberapa di antaranya, seperti dikutip dari Dream.co.id (11/11/2021).

Alasan Perempuan Harus Belajar Self-Defense dan Fokus Raih Mimpi

  1. Sedang Pubertas

Pubertas wanita ditandai dengan menstruasi yang terjadi di usia 8 hingga 13 tahun. Pubertas dipicu oleh hormon yang ada di dalam tubuh, yaitu hormon reproduksi. Hormon-hormon reproduksi ini nantinya akan memengaruhi siklus menstruasi.

Pada tahun-tahun pertama menstruasi, sangat mungkin terjadi ketidakseimbangan hormon reproduksi. Dampaknya, periode menstruasi wanita dapat menjadi lebih cepat atau lebih lama.

  1. Perimenopause

Perimenopause adalah transisi yang terjadi sebelum wanita memasuki masa menopause. Dokter Dyah Novita Anggraini mengungkap kalau perimenopause bisa menyebabkan menstruasi datang lebih cepat.

” Sebab saat perimenopause, hormon reproduksi jadi tidak seimbang dan mulai ada penurunan hormon estrogen,” ujar dr. Dyah.

Pada saat perimenopause, hormon di dalam tubuh akan naik dan turun. Akibatnya, menstruasi bisa datang lebih cepat atau lebih lambat dari biasanya.

  1. Olahraga Terlalu Intens

Olahraga terlalu intens dapat menjadi penyebab haid datang lebih cepat. Biasanya, kondisi ini dapat dialami oleh atlet yang sedang fokus mengatur berat badan.

Saat olahraga terlalu intens, tubuh akan membakar lebih banyak kalori. Kalori adalah bahan bakar tubuh untuk menghasilkan energi. Ketika olahraga intens, cadangan kalori akan dibakar dalam jumlah lebih banyak.

Tanpa energi yang cukup, tubuh tidak akan menghasilkan jumlah hormon reproduksi yang dibutuhkan untuk ovulasi secara normal. Ketika ovulasi terganggu, siklus haid bisa datang lebih cepat atau lambat.

  1. Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika jaringan mirip endometrium (lapisan terdalam rahim) tumbuh di luar rahim. Kondisi ini mengakibatkan perdarahan vagina dan terjadi di luar jadwal menstruasi.

Beberapa wanita yang mengalami endometriosis di luar jadwal haid dapat mengira bahwa menstruasi mereka datang lebih cepat. Endometriosis juga dapat menyebabkan kram menstruasi hebat, nyeri punggung bawah, dan rasa sakit selama atau setelah hubungan seks. (Uli)