Berikut Deretan Bunga Cantik Yang Bisa Dimakan, Penasaran?

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Jumat, 28 Agustus 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Bunga identik sebagai tanaman yang indah dengan warna menarik dan kerap dijadikan dekorasi rumah. Sebenarnya tak hanya untuk dekorasi, beberapa jenis bunga juga dijadikan bahan untuk mengolah masakan.

Mungkin selama ini kita tak menyadari kalau beberapa masakan kerap menggunakan bunga sebagai bahan utama atau pelengkap. Ada yang dimanfaatkan aroma, warna atau rasanya. Penasaran bunga apa saja yang bisa diolah jadi masakan dan bisa dimakan? Dilansir dari Dream.co.id (26/08/2020).

Bunga matahari

Bunga yang satu ini sebenarnya lazim dikenal tak hanya sebagai bunga hias yang cantik. Namun juga bijinya yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Tapi ternyata nih ya, bunga matahari juga disebut enak dimakan.

Bahkan ada sejumlah negara yang sudah sejak lama memanfaatkan kelopak bunga matahari sebagai campuran sup. Atau juga bisa sebagai bahan pengobatan. Kabarnya, bunga matahari bisa mengatasi penyakit tekanan darah tinggi, sakit kepala, sakit gigi, nyeri lambung, sampai dengan nyeri akibat menstruasi.

Bunga Telang

Bunga Telang ini buat sebagian orang sangat familiar dengan masa kecil. Lantaran bunga ini biasanya digunakan anak kecil sebagai pewarna ketika bermain masak-masak bersama teman-teman. Namun tahukah kamu kalau bunga telang sendiri juga bisa digunakan sebagai pewarna makanan sungguhan.

Penggunaan bunga Telang sebagai pewarna ini lazim ditemui di negeri Jiran Malaysia. Bunga telang yang disebut mengandung banyak antioksidan ini biasanya digunakan untuk membuat nasi kerabu atau nasi biru.

Bunga Hibiscus (Bunga Sepatu)

Kalau bunga yang satu ini tak jauh beda dengan bunga telang yang sering dibuat mainan anak-anak. Namun, bunga Hibiscus atau bunga sepatu ini biasanya juga bisa diolah menjadi minuman teh yang menyegarkan dan menyehatkan

Bunga Kecombrang

Bunga Kecombrang, ini memiliki berbagai jenis sebutan. Mulai dari bunga kincung, honje, kantan, hingga sambuang ini disebut mengandung banyak sekali zat-zat bermanfaat, yakni vitamin, antioksidan, alkaloid, tanin, hingga flvonida.

Kecombrang biasanya digunakan sebagai bahan campuran seperti halnya masakan laksa khas Medan dan juga Gulai. Bunga kecombrang ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit, melancarkan ASI, hingga menghilangkan bau tidak sedap. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: