Berburu Mobil Bekas Melalui Dunia Maya, Perhatikan Empat Hal Ini

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Minggu, 26 April 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sebelum marak penggunaan smartphone, dulu membeli mobil bekas harus datang bursa mobil bekas. Kini cukup dengan gawai di tangan, calon pembeli bisa menemukan mobil idamannya.

Mobil bekas dari berbagai merk dan tahun pembuatan mampu ditemukan hanya dalam hitungan detik dan pakai jemari tangan saja. Bahkan harganya pun juga tertera jelas sehingga sangat memudahkan konsumen.

Meski begitu, membeli mobil lewat online, khususnya mobil-mobil bekas butuh perhatian dan kecermatan khusus. Berikut adalah hal-hal yang wajib diperhatikan bagi calon pembeli mobil bekas sebelum melakukan transaksi pembelian, dilansir dari Liputan6.com (24/04/2020)

Lakukan Riset untuk Menentukan Pilihan

Dengan begitu banyaknya merk dan varian mobil, calon pembeli tanpa perencanaan yang tepat bakal kebingungan untuk menentukan pilihan. Apalagi di sebuah situs atau aplikasi penjualan mobil bekas, mungkin ada ratusan, atau bahkan ribuan kendaraan. Pastikan sudah melakukan riset tentang mobil idaman. Pertimbangkan banyak hal, mulai dari dana yang dimiliki, jumlah keluarga, dan berbagai faktor lainnya.

Bandingkan Harga

Jangan malas membandingkan harga mobil bekas antara satu situs dengan yang lainnya jika ingin mendapatkan harga yang sesuai budget. Apalagi jika membeli secara online sebenarya menawarkan kemudahan tersendiri, karena survey harga hanya perlu dilakukan dengan browsing saja, tanpa harus keluar rumah.

Gali Lebih Dalam

Jangan hanya puas dengan informasi yang didapatkan dari situs atau aplikasi penjualan mobil bekas. Ketahui lebih dalam tentang mobil incaran dengan mengunjungi dan bertanya langsung kepada pihak penjual. Beberapa hal penting yang wajib diketahui adalah cara pembayaran dan jangka waktu pengiriman mobil sampai ke tujuan. Selain itu pastikan penjual juga menyampaikan berbagai hal detil, terutama tentang kondisi mobil.

Lakukan Pemeriksaan Sebelum Serah-Terima Kunci

Begitu mobil berada di depan mata, jangan sungkan untuk mencocokkan kondisi mobil dengan apa yang sudah disampaikan oleh pihak penjual. Selain itu lakukan juga tes pengendaraan untuk mengetahui lebih dalam tentang kondisi mesin mobil yang sesungguhnya. Jangan lupa mengajak satu atau dua orang teman yang mengerti seluk-beluk kendaraan. Satu atau dua opini akan lebih berharga daripada tidak sama sekali. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: