Beras Merah Hassawi dari Arab Saudi, Seperti Emas Berharga

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Minggu, 13 Desember 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Beras merah di Indonesia biasanya dijadikan menu diet. Kadar gulanya lebih rendah, seratnya lebih kaya dan harganya juga terjangkau.

Ternyata di Arab Saudi juga ada beras merah yang terkenal dengan khasiat dan harganya yang mahal. Beras tersebut bernama Hassawi.

Siapa sangka kalau di Arab saudi ada daerah penghasil beras. Beras Hassawi ini dibudidayakan di Kota Alahsa, bagian timur Arab Saudi.

Penasaran mengapa tanama padi tumbuh di daerah gurun pasir seperti Arab Saudi?

Beras Hassawi rupanya ditanam di sebuah kawasan oasis terbesar di dunia. Beras ini kabarnya sudah ditanam secara turun-temurun di sana. Lahannya sendiri sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia, dilansir dari Dream.co.id (11/12/2020).

Khasiat Beras Hassawi

Oasis tersebut cukup populer dengan 2 juta tanaman palem, meski dikelilingi oleh gurun pasir yang kering. Nah, di sekitar kawasan perkebunan palem itulah beras Hassawi ditanam.

Bukan sekadar untuk dimakan, beras merah istimewa kerap dicari karena diyakini mengandung khasiat yang jauh berbeda dibanding beras pada umumnya. Kabarnya, beras Hassawi bisa mengurangi rasa sakit bagi mereka yang mengalami patah tulang.

Harganya Selangit

Dengan keunikan dan khasiatnya, tak heran kalau harga beras Hassawi ini cukup mahal. Dibanderol 25-30 Riyal atau sekitar Rp90 ribu hingga Rp 119 ribu rupiah dan kerap dianggap emas.

” Ini adalah emas, ini adalah anak-anak kami yang dibesarkan selama berbulan-bulan. Kami melindunginya dan akan mewariskannya lintas generasi,” kata salah seorang petani beras Hassawi, Abdulhadi al-Salman. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: