Berapa Jarak Pagar Hidup Di Tendangan Bebas Pada Sepak Bola?

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Senin, 5 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sepak bola mengenal adanya tendangan bebas sebagai bentuk hukuman atas sebuah pelanggaran seorang pemain tim yang bertahan di area permainannya sendiri.

Bentuk tendangan bebas terbagi menjadi dua yakni langsung maupun tidak langsung ke arah gawang lawan, bergantung pada bentuk pelanggaran yang mendahuluinya.

Tendangan bebas langsung diberikan oleh wasit kepada sebuah tim apabila pemainnya dilanggar kubu lawan, dengan maksud menghentikannya secara sengaja.

Hukuman berupa tendangan bebas langsung atas jenis pelanggaran tersebut, termasuk juga memegang bola secara sengaja (handball), akan diberikan tepat di titik terjadinya kejadian.

Pemain bertahan sebuah tim diperbolehkan melindungi gawang dengan membangun tembok atau pagar betis menghadap bola dan penendangnya.

Namun, terdapat peraturan mendetail tentang jarak serta posisi pagar hidup dari bola atau titik tendangan bebas dilakukan.

Melansir dari Kompas.com (04/07/2021), jarak dari pemain lawan dengan bola tendangan bebas tidak boleh kurang dari 9,15 meter.

Oleh karena itu, susunan tembok atau pagar betis untuk melindungi gawang dalam permainan sepak bola tidak boleh berjarak kurang dari 9,15 meter di depan bola atau titik tendangan bebas.

Hanya saja peraturan ini berlaku secara khusus apabila tendangan bebas dilakukan secara seremonial, berdasarkan arahan wasit.

Tendangan bebas seremonial terjadi apabila ada permintaan dari tim penerima tendangan bebas untuk mengatur jarak setiap pemain lawan dari bola kepada wasit.

Dengan begitu, wasit tidak akan mengizinkan pemain manapun mengambil tendangan bebas sampai pagar hidup berada dalam jarak sesuai peraturan.

Tendangan bebas seremonial juga bisa dilakukan saat adanya pelanggaran berbuah kartu maupun pemain yang mengalami cedera. Sebaliknya, tendangan bebas bisa dilakukan dengan cepat (quick free kick) tanpa menimbang jarak pemain lawan dari bola.

Upaya tendangan bebas cepat itu bisa dilakukan jika pemain yang mengambilnya sudah memenuhi syarat seperti meletakkan bola di titik yang ditunjuk wasit dan bola dalam keadaan diam saat hendak ditendang.

Biasanya bola lantas ditendang menuju rekan setim atau berupa operan, yang dapat dimanfaatkan kemudian untuk melepaskan tendangan langsung ke arah gawang lawan. (Uli)

loading...