Bendera Terbesar Sedunia Dikibarkan di Rumania, Beratnya 5 Ton

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Minggu, 26 Juni 2022

Indolinear.com, Bucharest – Tepatnya 27 Mei 2013, sejarah mencatat pemecahan rekor Guinness World Records atas bendera terbesar sedunia.

Mengutip dari Liputan6.com (24/06/2022), Guinness World Records memuji bendera seberat lima ton yang membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk menjahit dan menggunakan benang sepanjang 44 mil atau 70.811 meter.

Sebuah desa di Rumania telah membentangkan bendera terbesar yang pernah dibuat, menurut Guinness World Records.

Butuh 200 orang dan beberapa jam untuk mengibarkan bendera, yang berukuran sekitar 349 x 227 meter (1.145 x 744,5 kaki), sekitar tiga kali ukuran lapangan sepak bola, menurut Jack Brockbank, juri untuk Guinness World Records yang mengukur bendera sebelum mengumumkannya sebagai bendera terbesar di dunia.

“Ini memberi saya kesenangan besar untuk mengakui gelar Rekor Dunia Guinness yang baru,” katanya setelah mengukur bendera. “Selamat Rumania!”

Dia mengatakan bendera merah, kuning dan biru Rumania mencakup area seluas sekitar 79.290 meter persegi (853.478 kaki persegi), mengalahkan Lebanon, yang memegang rekor dunia sebelumnya.

Upaya Mengibarkan Bendera Jumbo

Bendera seberat lima ton itu dikibarkan di Clinceni, 22 mil (35km) tenggara Bucharest.

Para pekerja berjuang untuk menahannya agar tetap kokoh di tanah karena kondisi berangin dan harus menggunakan karung pasir kecil untuk mengganjalnya.

Adrian Dragomir, manajer Flags Factory, yang membuat bendera itu, mengatakan butuh waktu berminggu-minggu untuk menjahit dan membutuhkan benang sepanjang 44 mil (70 km).

Sebuah band militer bermain ketika perdana menteri Rumania, Victor Ponta, dan menteri lainnya tiba di desa untuk memeriksa bendera. (Uli)

loading...