Bendera Daun Maple Kanada Berkibar Untuk Pertama Kalinya

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Minggu, 14 Maret 2021
loading...

Indolinear.com, Ottawa – Sesuai dengan proklamasi formal oleh Ratu Elizabeth II dari Inggris, bendera nasional Kanada baru dinaikkan di atas Parliament Hill di Ottawa, ibu kota Kanada pada 15 Februari 1965.

Dimulai pada tahun 1610, Lower Canada, koloni Inggris Baru di Amerika utara, menerbangkan Union Jack Britania Raya, atau Royal Union Flag.

Pada 1763, sebagai akibat dari Perang Prancis dan India, Prancis kehilangan harta kolonialnya yang cukup besar di Kanada, dan Union Jack terbang di seluruh wilayah Kanada yang luas.

Pada 1867, Dominion of Canada didirikan sebagai federasi pemerintahan sendiri di dalam Kerajaan Inggris, dan tiga tahun kemudian bendera baru, Ensign Merah Kanada, diadopsi.

Red Ensign adalah bendera merah solid dengan Union Jack yang menempati sudut kiri atas dan lambang yang terletak di bagian kanan bendera.

Pencarian bendera nasional baru yang akan lebih mewakili Kanada independen resmi dimulai pada 1925 ketika komite Dewan Privy mulai menyelidiki kandidat desain.

Kemudian, pada 1946, komite parlemen terpilih ditunjuk dengan mandat serupa dan memeriksa lebih dari 2.600 kandidat. Namun, kesepakatan tentang desain baru tidak tercapai, dilansir dari Liputan6.com (12/03/2021).

Jelan 100 Tahun HUT Pemerintahan Independen Kanada

Barulah pada 1960-an, ketika seratus tahun pemerintahan independen Kanada mendekat, Parlemen Kanada mengintensifkan upayanya untuk memilih bendera baru.

Pada Desember 1964, Parlemen memilih untuk mengadopsi desain baru: Bendera nasional Kanada akan berwarna merah dan putih, warna resmi Kanada seperti yang diputuskan oleh Raja George V dari Inggris pada tahun 1921, dengan daun maple merah berukuran 11 poin di pusatnya.

Ratu Elizabeth II memproklamirkan 15 Februari 1965, sebagai hari di mana bendera baru akan dinaikkan di atas Parliament Hill dan diadopsi oleh semua orang Kanada.

Saat ini, bendera daun maple merah Kanada adalah salah satu bendera nasional yang paling dikenal di dunia. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: