Bencana Asap Sebagai Bencana Nasional, PKS Tuntut Pemerintah

Sabtu, 24 Oktober 2015
Jakarta | Uploader Arif
loading...

JAKARTA – Kabut asap yang melanda akibat kebakaran hutan dan lahan semakin menambah penderitaan masyarakat, terutama di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

“Sejak awal munculnya kabut asap, kader PKS telah melakukan berbagai aksi penanganan. Mulai dari pembagian masker dan pendirian posko kesehatan,” ujar Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) M. Sohibul Iman kepada redaksi rmol (Grup pojoksatu.id), Sabtu (24/10/2015).

Dia berharap kabut asap yang terjadi dapat ditetapkan sebagai bencana nasional oleh pemerintah. Dengan begitu, pemerintah pusat dan daerah harus sama-sama bergerak dalam melakukan penanganan.

“Bantuan dari asing memang berdatangan, namun kami justru melihat pemerintah semakin kewalahan menanganinya,” kata Sohibul.

Dia menambahkan, sejauh ini, PKS telah berusaha menjalin kerja sama dan dialog dengan instansi pemerintah, seperti Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

Hal ini menegaskan sikap PKS siap bekerja sama dengan pemerintah dalam mengatasi bencana asap.

“Masalah ini sudah sangat urgen. Beberapa kali PKS menjalin komunikasi dengan BNPB. Adanya #GentaPKS ini pun bukan berarti kami bekerja sendiri tetapi kami tegaskan siap bekerja sama dengan pemerintah. Apabila ke depan kabut asap tidak ditetapkan sebagai bencana nasional, PKS tetap terus bergerak,” demikian Sohibul.

(wah/rmol/pojoksatu/zul)

Sumber : Pojoksatu.id