BenarkahTinggi Badan Di Pagi Dan Siang Hari Berbeda?

FOTO: suara.com/indolinear.com
Kamis, 16 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Anda mungkin akan bingung dan bertanya-tanya, benarkah tinggi badan di pagi dan siang hari berbeda? Jawabannya, tentu saja benar.

Sebuah studi yang mengukur tinggi badan 400-an anak berusia 3-15 tahun menemukan bahwa tinggi badan pada sore hari bisa menyusut hingga setengah sentimeter dibandingkan tinggi badan pada pagi hari.

Seperti dilansir dari Suara.com (15/12/2021), peneliti pada studi berpendapat bahwa penyusutan tinggi badan tersebut terjadi akibat batang tubuh (trunk) yang memendek sepanjang siang hari. Selain itu, sepanjang hari tulang rawan (cartilage) di antara ruas tulang belakang memendek akibat pengaruh gravitasi dan aktivitas di siang hari.

Namun perlu diingat penelitian ini dilakukan pada anak berusia 3-15 tahun. Nutrifood Research Center yang menyusun buku tersebut tidak menemukan penelitian serupa pada orang dewasa.

“Pesan kami, setiap kali Anda mengukur tinggi badan, lakukan di waktu yang sama misalnya, pukul 7 setelah sarapan untuk menghindari kebingungan atau tuduhan mencatut tinggi badan,” jelas tim dari Nutrifood Research Center.

Oya, perlu Anda ketahui pula bahwa kaki cenderung lebih panjang di sore hari sehingga dianjurkan untuk membeli sepatu pada waktu sore agar terhindar dari ukuran sepatu yang kesempitan. (Uli)