loading...

Benarkah Qualcomm Akan Meluncurkan Snapdragon 875 di Awal 2021?

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 28 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta – Perusahaan chipset terkemuka Qualcomm baru-baru ini meluncurkan prosesor terbarunya yakni Snapdragon 865 Plus. Sesuai nama, ini adalah varian baru dari Snapdragon 865 reguler yang ditingkatkan performa dan konsumsi dayanya.

Nah, saat ini perusahaan asal AS tersebut dilaporkan sedang menyiapkan chipset flagship generasi berikutnya yang disiapkan untuk rilis tahun depan. Kemungkinan besar, chipset ini akan diberi nama Snapdragon 875.

Melansir dari Merdeka.com (27/07/2020), roadmap perusahaan untuk tahun depan telah mengungkap hal ini, dan bocor oleh salah satu pengguna media sosial Tiongkok Weibo.

Roadmap tersebut mengungkap bahwa tahun ini, Qualcomm masih akan mengungkap dua chipset baru, yakni Snapdragon 662 dan juga Snapdragon 460. Keduanya akan diluncurkan pada kuartal keempat tahun ini.

Lebih lanjut, Snapdragon 875G dan juga Snapdragon 435G akan diluncurkan pada kuartal pertama 2021 mendatang. Di 2021, akan diluncurkan juga Snapdragon 735G yang diungkap pada kuartal kedua tahun depan.

SD875G dan SD735G yang akan jadi prosesor flagship dan kelas menengah ini, keduanya diproduksi dengan teknologi EUV 5 nanometer milik Samsung. Hal ini akan meningkatkan kinerja sebesar 10 persen dan mengurangi konsumsi daya hingga 20 persen dari pendahulunya.

Qualcomm sendiri diperkirakan akan menggunakan kombinasi Cortex X1 Super Core dan Cortex A78 Large Core untuk 875G. Dengan arsitektur ini, chipset ini dipercaya akan memecahkan rekor performa untuk smartphone Android.

Qualcomm sendiri disebut bakal tersalip oleh kompetitornya yakni MediaTek yang akan meluncurkan prosesor terbarunya yakni Dimensity 600 di pertengahan kuartal ketiga tahun ini. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: