Belum Resmi Meluncur, Toyota Avanza Terbaru Sudah Dapat Dipesan

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 28 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Toyota Avanza dan Veloz terbaru memang belum meluncur secara resmi di Indonesia. Pihak Toyota Astra Motor (TAM) pun masih menutup rapat keran informasi seputar LMPV terbarunya, bahkan enggan berkomentar tentang foto Toyota Avanza dan Veloz yang sudah viral di dunia maya.

Mobil ini dikabarkan akan segera diperkenalkan bulan depan yang kemungkinan besar memanfaatkan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Sebenarnya memang bukan instruksi langsung dari pihak Toyota Astra Motor (TAM), melainkan strategi dari diler untuk menjaring konsumen potensial dari low MPV terlaris tersebut.

“Kami sudah membuka pemesanan untuk konsumen, tanda jadinya Rp 10 juta. Nanti akan 2 model yang diluncurkan TAM, Avanza dan Veloz. Tapi ini memang bukan open indent resmi, ibaratnya pemesanan dari diler langsung,” kata wiraniaga Toyota di bilangan Tangerang, dilansir dari Liputan6.com (26/10/2021).

Terkait harga OTR di generasi baru Avanza dan Veloz dirinya belum bisa memastikan. Namun dari bocoran internal diler mereka, all new Avanza akan dijual mulai harga terendah Rp 210 juta semantara Veloz akan ditawarkan mulai banderol Rp 240 jutaan.

“Itu harga estimasi. Jadi kabarnya Avanza akan punya 2 tipe yakni G dan E manual dan matik. Kalau yang Veloz ada tipe G dan Q semuanya transmisi otomatik pakai mesin 1.500 cc semua,” jelas dia.

Waktu Peluncuran

Sementara soal tanggal peluncurannya, menurut tenaga penjual, Avanza dan Veloz terbaru akan diperkenalkan di awal November nanti yang kemudian akan dibawa juga pada gelaran GIIAS 2021 pada 11 sampai 21 November mendatang.

“Meluncurnya di November yang pasti dibawa ke GIIAS. Tapi biasanya seminggu sebelum peluncuran mereka (TAM) langsung rilis atau buat konferensi pers peluncuran unit baru,” ungkapnya.

Bocoran Spesifikasi dan Fitur

Revisi yang terjadi pada low MPV jagoan dari Toyota ini akan signifikan. Ya kembali lagi memang Avanza sudah cukup lama tak mendapatkan ubahan besar, beberapa tahun belakangan hanya diberikan opsi facelift saja. Fakta tersebut semakin kuat setelah bocor sosok Toyota Veloz terbaru yang sudah mejeng di jaringan diler.

Dari foto yang beredar, Toyota Veloz atau Avanza ini berubah total, yang rasanya menggunakan platform dan rancang bangun baru. Dimensinya sedikit dibuat besar dan menghilangkan garis desain yang sebelumnya ada di Avanza lama.

Sepintas tampilannya mirip dengan Toyota Corolla Cross atau Innova terbaru, utamanya di bagian fascia yang memang mengadopsi garis desain produk Toyota modern. Gril trapesium kotak dengan ukuran besar mendominasi di bagian depan.

Seperti penjelasan tenaga penjual, di balik kap Toyota Avanza dan Veloz akan bersemayam mesin baru berkubikasi 1.500 cc CVT yang rasanya akan berbagi platform dengan enjin dari Toyota Sienta. Selanjutnya mengadopsi sistem penggerak roda depan atau FWD. “Toyota Veloz akan pakai fitur keselamatan TSS (Toyota Safety Sense) yang mirip dengan Raize,” kata tenaga penjual.

Fitur Keselamatan

Adapun Toyota Safety Sense merupakan teknologi atau bantuan keselamatan aktif yang tujuannya untuk melindungi pengemudi dan penumpang. Lewat teknologi tersebut, pabrikan ingin mengurangi potensi bahaya dalam berkendara. Di bawah ini adalah turunan dari TSS:

Pedal Misoperation ControlLane Departure Assist with Steering ControlBlind Spot MonitoringPre Collision SystemAdaptive Cruise ControlFront Departure Alert.Nah, selain fitur keselamatan aktif, kabarnya mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan pasif. Mulai dari rem ABS, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, sampai 6 Airbags khusus varian TSS. Bagaimana, sudah siap memboyong generasi paling baru dari Avanza dan Veloz? (Uli)