Belum Dijual, Kawasaki Memamerkan Ninja ZX-25R Versi Modifikasi

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Selasa, 2 Juni 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sampai saat ini Ninja ZX-25R masih belum diluncurkan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Sambil menunggu waktu yang tepat untuk peluncuran, KMI terus menggoda calon konsumen di Tanah Air melalui bocoran Ninja ZX-25R versi modifikasi.

Sebanyak tiga video sudah diunggah ke laman Youtube resmi pemegang merek. Digambarkan secara bertahap, mulai dari pengaplikasian produk kepunyaan Sniper (stage-1). Item yang dipasangkannya meliputi setang, lengkap bersama tuas kopling dan rem. Bahkan khusus rem, sudah dilengkapi pula dengan hand guard berbahan serat karbon. Di video pertama juga terdapat foot step berikut shifter dari brand serupa, sebagai pengganti perangkat bawaan pabrikan.

Tak berhenti di situ, modifikasi stage-2 Ninja 250 cc 4-silinder kemudian berlanjut ke sektor performa. Kali ini KMI memutuskan untuk menanggalkan knalpot asli Ninja ZX-25R. Saluran buang model underbelly-nya berganti peran dengan kepunyaan Yoshimura. Tidak seperti buatan Kawasaki yang memiliki tabung besar, knalpot Yoshimura ini justru memiliki desain full system 4-2-1 dengan muffler/silencer pendek, dilansir dari Liputan6.com (31/05/2020).

Lewat unggahan lanjutan, KMI pun lantas menampilkan sebuah tayangan untuk menegaskan kebuasan dari knalpot itu. Seraya starter ditekan, produk aftermarket asal Jepang mampu mengeluarkan suara nan padat layaknya moge. Salah seorang teknisi KMI beberapa kali memuntir tuas gas untuk mengeksploitasi teriakan dari saluran buang itu. Video menunjukkan bagaimana api biru meletup di luar muffler dengan suara khas. Gahar!

Peningkatan Tenaga

Idealnya pasti akan ada peningkatan output, yang berarti menjadikan si motor lebih responsif. Namun, lagi-lagi khalayak dibikin penasaran. Pasalnya, catatan anyar Ninja ZX-25R dengan knalpot itu masih disembunyikan hingga penayangan berikutnya. Padahal dari unggahan terakhir tampak si kuda besi siap diajak berlari di atas dynamometer (mesin dyno). Prediksi kami, pengungkapannya baru akan dilakoni pasca-peluncuran nanti. Mengingat hingga sekarang, belum ada data menyangkut kemampuannya.

Dari data yang sudah terungkap, Ninja ZX-25R sudah dilengkapi dengan ragam perangkat elektronik: KTRC (Kawasaki Traction Control), KQS (Kawasaki Quick Shifter) dan power mode. Sementara untuk jantung mekanik, mengandalkan mesin 250 cc DOHC 4 silinder segaris. Sebuah perbekalan yang memungkinkannya memiliki daya mendekati 50 Hp. Sudah barang tentu pencapaian berbeda dibuatnya ketika memakai knalpot tadi.

Serat Karbon

Tak luput, KMI juga sudah melengkapi seperangkat bodi serat karbon racikan A-Tech. Meliputi fairing depan, samping sampai tubuh sampai belakang. Bahkan ditambah lagi detail seperti pengaplikasian serupa pada sepatbor, cover tangki bensin bahkan sampai ke pelindung rantai.

Berkat ubahan ini pula Impresi berkendara diprediksi lebih baik, lantaran menjadikan bobot total ZX-25R modifikasi ini lebih ringan dari sebelumnya. Dan yang paling penting, semua produk sudah plug and play (PnP) alias tinggal pasang. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: