Bekasi Menggelar Lomba Kampung Bersih Sambut Hari Jadi Ke-72

FOTO: antaranews.com/indolinear.com
Rabu, 22 Juni 2022

Indolinear.com, Bekasi – Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggelar lomba “Kampung Bersih Makin Berani” hingga tingkat rukun warga dalam rangka menyambut hari jadi ke-72 daerah itu pada 15 Agustus 2022.

“Agar momentum HUT Kabupaten Bekasi tidak hanya dirayakan oleh PNS saja tapi juga seluruh masyarakat, makanya kita adakan lomba ini,” kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, dilansir dari Antaranews.com (21/06/2022).

Dia mengatakan lomba akan menyentuh hingga tingkat RW dan perumahan, mulai dari perumahan kecil sampai perumahan besar dengan beberapa poin penilaian.

Penilaian lomba dibagi menjadi dua kategori, pertama terkait kebersihan, termasuk pengelolaan sampah dan air kotor, serta aspek keindahan kampung dengan sarana penunjang seperti gapura, taman pekarangan, serta rumah dan tempat ibadah.

“Kick off lomba ini kita mulai pada 3 Juli 2022 mendatang, dengan gerakan bersih-bersih serentak RW se-Kabupaten Bekasi. Kemudian nanti para pemenang yang lolos dalam penilaian akan naik secara berjenjang dari tingkat desa, kecamatan, sampai tingkat Kabupaten,” ucapnya.

Kategori penilaian selanjutnya, kata Dani, ketertiban warga, termasuk area parkir, ketersediaan sarana kamtibmas seperti pos ronda hingga inovasi di kampung tersebut.

“Yang terakhir adalah inovasi, ini merupakan rangkuman, kalau daerah itu baik di poin-poin itu, itu bisa jadi juara umum. Ini semua dilakukan agar masyarakat merasakan gebyar dari hari jadi Kabupaten Bekasi dan besar manfaatnya untuk kebersihan lingkungan,” katanya.

Dani melanjutkan momentum Hari Jadi ke-72 Kabupaten Bekasi juga akan diisi ziarah dengan konsep kunjungan wisata ke tempat bersejarah dirangkaikan ulasan sejarah dari perangkat daerah terkait.

“Tanggal 14 Agustus, sebelum acara puncak hari jadi, kita akan ada kirab dari makam Kiai Mamun Nawawi di Cibarusah, kelenteng, tempat-tempat bersejarah sampai makam Kiai Noer Alie Babelan,” katanya.

Peserta kirab juga akan singgah ke tempat bersejarah seperti Gedung Juang Tambun, pasar bersejarah, stasiun kereta, hingga industri atau pabrik pertama yang pertama kali berdiri di Kabupaten Bekasi.

“Nanti peserta kirab juga akan didampingi dari Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, supaya tahu Bekasi itu tidak langsung seperti ini, tapi dulunya ada perjuangan dari para ulama, buruh, petani, semua berjuang berkorban nyawa,” ucapnya.

Pada malam puncak perayaan hari jadi Kabupaten Bekasi juga akan digelar tasyakuran dan istighatsah bersama warga Bekasi yang rencananya dipimpin langsung Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya dari Dewan Pertimbangan Presiden RI.

“Selain itu, ada juga lomba cerdas cermat untuk para pemuda mengenai wawasan kebangsaan dan sejarah kebekasian, baru pada 15 Agustus upacara dan paripurna di DPRD, siangnya kita karnaval kendaraan hias yang melibatkan perusahaan,” kata Dani. (Uli)

loading...