Begini Enam Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 16 Maret 2020

Indolinear.com, Jakarta – Napas yang segar bisa dibilang merupakan salah satu indikator dari penampilan yang menarik. Jika mulut berbau tidak sedap tentu saja hal tersebut berpotensi untuk mengurangi bahkan dapat merusak rasa percaya diri seseorang. Lagi pula siapa yang akan tahan berlama-lama berbicara dengan orang yang punya masalah dengan bau mulut?

Secara medis bau mulut disebut sebagai halitosis, masalah ini dialami hingga 25% penduduk di dunia dan sebagian besar disebabkan karena kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Bukan hanya itu, bau mulut kerap kali disebut sebagai pertanda dari adanya gangguan kesehatan atau penyakit dalam tubuh seseorang.

Ada beberapa jenis bakteri gram-negatif penyebab bau mulut seperti Prevotella Melaninogenica, Centipeda Peridontii, Porphyromonas Gingivalis, Fusobacterium Periodonticum, Porphyromonas Endodontalis, Bacteroides Loescheii, Prevotella Intermedia, dan beragam bakteri lainnya.

Jika tidak lekas membersihkan bakteri tersebut lama kelamaan akan membentuk plak pada gigi dan memunculkan senyawa berbau khususnya jika makanan yang dikonsumsi mengandung protein dan sulfur.

Berikut ini ada 6 cara menghilangkan bau mulut secara alami yang dilansir dari Merdeka.com (14/03/2020).

  1. Garam Epsom

Cara menggunakan garam Epson untuk mengatasi bau mulut adalah dengan melarutkannya ke dalam air hangat. Garam Epson tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan bau mulut melainkan juga dapat digunakan sebagai antibakteri dan penghilang racun.

Ambil satu sendok teh faram Epson danc ampurkan dengan segelas air hangat, jadikan sebagai cairan untuk berkumur. Sebagai pemakaian awal makan kamu harus menggunakannya rutin setiap hari. Selanjutnya kamu bisa memakainya sesekali saja jika dibutuhkan.

Selain bermanfaat cara mendapatkan garam Epson juga sangat mudah karena kamu bisa membelinya di took online, apotek maupun toko kecantikan.

  1. Minyak Kelapa

Siapa sangka kalau ternyata minyak kelapa bukan sekedar bahan dapur yang digunakan untuk memasak berbagai macam menu. Ternyata minyak kelapa sudah sangat lama dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Saatnya bagi kamu untuk menggunakan minyak kelapa sebagai obat alami untuk menghilangkan bau mulut.

Caranya sangat sederhana ambil sesendok makan air kelapa, gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 5-10 menit dan ludahkan. Selanjutnya gunakan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa minyak yang tertinggal di mulut.

  1. Jahe

Tidak hanya sekedar menghangatkan tubuh saat sedang mengalami flu, atau mengobati tenggorokan yang sakit. Ternyata jahe juga memiliki kegunaan lain yakni dapat mengusir bau tak sedap di dalam mulut.

Caranya sangat mudah sekali cukup dengan parut jahe kemudian tambahkan air hangat agar kamu mendapat perasan jus jahe, kemudian gunakan untuk berkumur. Lakukan perawatan ini setelah makan. Tak perlu setiap hari kamu bisa melakukannya sekali dalam beberapa hari saja.

  1. Daun Mint dan Parsley

Selain jahe ada pula daun mint dan parsley yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi bau mulut. Cukup dengan campurkan dua sendok makan parsley, daun mint, dan secangkir air ke dalam blender. Haluskan selama kurang lebih dua menit.

Setelah itu tuangkan ke dalam botol bersih dengan menggunakan saringan. Jangan lupa untuk menutup rapat botol saringan tersebut, atau kamu bisa menggunakannya secara langsung dengan cara membilas mulut menggunakan satu sendok makan ramuan tersebut, kemudian campurkan dengan air.

  1. Activated Charcoal

Saat ini activated charcoal atau kerap disebut dengan bubuk arang aktif telah banyak digunakan untuk mendapatkan gigi dan senyum yang berkilau. Selain itu activated charcoal juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bau mulut.

Siapkan setengah sendok teh activated charcoal dan sikat gigi. Balurkan bubuk arang ke sikat dan mulailah menyikat gigi. Kumur-kumur sampai bubuknya hilang. Gunakan dua sampai tiga kali dalam seminggu sampai bau mulutnya benar-benar hilang. Kamu bisa mendapatkannya di beberapa toko online.

  1. Cuka Apel dan Air

Cara menghilangkan bau mulut berikutnya adalah dengan berkumur menggunakan cuka apel dan air. Caranya sangat mudah sekali cukup dengan kamu menyiapkan 1-2 sendok makan cuka apel dan segelas air. Tuangkan dan campurkan cuka ke dalam segelas air

Gunakan campuran tersebut untuk berkumur selama 3-5 menit pada pagi hari dan malam hari menjelang tidur. Setelah itu baru bilas mulutmu dengan berkumur lagi menggunakan air putih biasa.

Cara ini tentu saja akan membuat napas kamu jadi jauh lebih segar seketika. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya kamu melakukannya secara rutin. (Uli)

INDOLINEAR.TV