Begini Cara Merawat Kamera Dan Sensor Parkir Pada Mobil Anda

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 18 Mei 2019

Indolinear.com, Jakarta – Mobil kini semakin dijejali fitur yang mungkin tak pernah terbayangkan sebelumnya, seperti kamera dan sensor parkir. Keduanya merupakan komponen yang kini cukup banyak disematkan sebagai standar fitur.

Sama halnya dengan komponen lain pada kendaraan, baik kamera dan sensor parkir membutuhkan perawatan. Soalnya, kedua komponen tersebut merupakan perangkat elektrik yang rentan apabila tidak mendapatkan perawatan. Menurut salah seorang sumber dari Daihatsu yang dihubungi Otosia, kebersihan menjadi fokus utama dalam merawat kamera dan sensor parkir, dilansir dari Liputan6.com (16/05/2019).

“Yang harus diperhatikan adalah kebersihannya, dijaga baik dari debu maupun lumpur atau aspal,” jelas pria yang enggan disebut namanya ini.

Hal tersebut bertujuan agar fitur dapat bekerja dengan baik terutama sensor. Di mana komponen ini berfungsi membaca adanya objek yang mendekat. Apabila terdapat kotoran menutupi sensor, tentunya kinerjanya akan terganggu.

Di samping itu, dalam upaya membersihkan ada baiknya tidak menyiram area ini menggunakan semprotan air bertekanan tinggi atau yang dikenal cuci steam. Jika terpaksa sebaiknya tidak terlalu lama.

“Kalau sensornya sendiri waterproof, namun juga jangan disemprot menggunakan steam pressure karena bisa menyebabkan short circuit (arus pendek),” jelasnya. (Uli)