Begini Cara Memegang Raket Dengan Teknik Backhand Grip

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Senin, 25 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Cara memegang raket dalam permainan bulu tangkis ada empat jenis, yakni forehand grip, backhand grip, american grip, dan kombinasi.

Setiap pegangan tentu punya ciri khas masing-masing dan tujuan tersendiri. Misalnya seperti forehand grip untuk membuat pukulan keras atau smash.

Begitu juga dengan backhand grip yang sejatinya bisa untuk melakukan smash. Akan tetapi tak begitu kencang seperti pegangan forehand.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai cara memegang raket dengan teknik backhand grip.

Perbedaan jelas backhand grip terletak pada posisi ibu jari. Teknik memegang raket dimana ibu jari terletak agak dekat dengan daun raket disebut backhand grip, dilansir dari Kompas.com (24/10/2021).

Teknik Backhand Grip

Cara memegang raket backhand segala kekuatan dipusatkan pada ibu jari, yang ujungnya menekan pada permukaan lebih lebar di gagang raket.

Keempat jari lain (telunjuk, tengah, manis, dan kelingking) terletak pada posisi sejajar, sementara usahakan gagang raket tidak menyentuh telapak tangan.

Posisi ibu jari tidak seperti pada forehand grip, melainkan agak dekat dengan daun raket.

Posisi ini memungkinkan pergelangan tangan untuk bergerak secara natural ketika seorang pemain melakukan teknik pukulan backhand.

Cara memegang raket forehand grip dan backhand grip.Kemendikbud Cara memegang raket forehand grip dan backhand grip.

Kesalahan dalam Pegangan Backhand Grip

  1. Memegang raket dengan menggenggam, jari-jari rapat, dan sejajar.
  2. Posisi ‘V’ tangan berada pada bagian grip raket yang lebar. (Uli)