Begini Cara Membuat Website Gratis Untuk Para Pemula

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 26 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Website kerap jadi kebutuhan bagi banyak pihak, terutama mereka yang merupakan pelaku bisnis, seniman yang ingin mempublikasikan karya, hingga meningkatkan kredibilitas.

Pada bisnis misalnya, cara membuat website gratis bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk dan membangun citra. Website bisa menjangkau audiens dengan luas dan tak terhingga. Dengan website informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat.

Bagi pemula, cara membuat website gratis mungkin tampak rumit. Beberapa mungkin perlu menggunakan jasa untuk membuat website. Padahal saat ini sudah banyak cara membuat website gratis. Banyak pula cara membuat website gratis yang mudah dipahami untuk pemula.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam cara membuat website gratis. Dilansir dari Merdeka.com (24/10/2020), berikut cara membuat website gratis.

Pilih Platform

Sebelum Anda melanjutkan cara membuat website, sebaiknya Anda pilih dulu platform yang akan Anda gunakan. Cara membuat website gratis yang mudah yaitu dengan menggunakan platform yang telah tersedia.

Saat ini telah banyak platform gratis yang membantu Anda untuk membuat website gratis. Beberapa platform gratis yang bisa Anda pakai untuk membuat website gratis antara lain WordPress, Drupal, Joomla!, wixsite dan lain sebagainya.

Platform yang paling banyak digunakan ialah platform dari wordpress. WordPress dianggap sangat cocok digunakan bagi pemula yang ingin membuat sebuah website pribadi. Hal ini dikarenakan platform yang dibuat oleh wordpress benar-benar gratis, baik itu saat mengunduh, menginstall ataupun saat Anda akan memodifikasinya.

Selain itu, platform dari wordpress bisa digunakan untuk membuat website kecil seperti blog atau untuk bisnis kecil ataupun website besar seperti yang dimiliki oleh perusahaan atau lembaga.

Pilih Domain dan Layanan Hosting

Cara membuat website gratis selanjutnya adalah membuat alamat email melalui domain dan hosting. Pertama Anda harus memilih nama domain dan juga hosting yang sesuai dan mudah untuk diingat.

Nama domain ialah nama website yang akan Anda buat. Namun untuk membuat domain ini Anda akan dikenakan biaya. Anda bisa membeli domain di web-web yang telah disediakan. Ada juga beberpa tempat penjualan domain ini yang akan menggratiskan domain apabila Anda membeli hosting seperti .com, .org, serta .net.

Tapi tak perlu khawatir, karena biaya yang akan Anda keluarkan tidak perlu untuk merogoh kocek dalam-dalam. Biaya rata-rata untuk membuat domain ini hanya sekitar Rp 100 ribu saja untuk satu tahun masa aktif.

Buat Email

Setelah mendapatkan domain, nantinya Anda akan mendapatkan email tersendiri. Email yang digunakan pun berbeda dengan email dari Gmail.

Ada beberapa cara untuk Anda memberi nama domain untuk website. Jika Anda akan menggunakan website untuk kepentingan pribadi, Anda bisa menggunakan nama Anda.

Dan jika ingin digunakan untuk perusahaan atau toko online yang Anda miliki, usahakan menggunakan nama toko tersebut sebagai nama domain. Hal ini nantinya akan memudahkan Anda ataupun pelanggan dalam pengecekannya.

Modifikasi

Anda bisa memilih tampilan website sesuai dengan template yang telah tersedia. Anda juga bisa membuat konten dengan page dan post.

Page ini fasilitas yang sudah disediakan oleh platform untuk menulis artikel ataupun kontak. Halaman page di sini pun termasuk statis, yaitu yang tidak diperbarui secara berkala. Sedangkan post sendiri dibuat untuk menulis sebuah artikel berdasarkan tanggal.

Selain itu Anda juga bisa mengatur website Anda sendiri. Anda bisa memilih judul website apa pada kolom site title di menu pengaturan.

Halaman utama pada website juga tergantung template seperti apa yang Anda pilih sebelumnya. Tapi Anda bisa memilih artikel atau tulisan apa saja yang akan ditampilkan di halaman utama. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: