Begini Cara Dirikan Motor Trail Yang Aman Usai Terjatuh

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 15 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Hobi berkendara di jalur offroad atau bermain terabasan kerap dilakukan para penggemar motor trail. Selain menyenangkan, berkendara di jalur offroad juga biasanya menyuguhkan pemandangan alam yang indah.

Namun dalam berkendara offroad tidak jarang dihadapkan dalam situasi motor terjatuh dan harus mendirikan motor kembali.

Dalam situasi tersebut, Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta punya beberapa tips agar mudah dalam mendirikan motor yang terjatuh. Berikut tipsnya yang dilansir dari Liputan6.com (13/06/2022):

  1. Sebelum memulai, pastikan memakai alat perlindugan diri (safety gear) yang lengkap, seperti helm, sarung tangan, sepatu offroad, pelindung (leher, dada, tangan, kaki), celana panjang dan jersey lengan panjang
  2. Jangan langsung mendirikan motor ketika terjatuh (masih syok), tunggu sampai kondisi pengendara stabil
  3. Pastikan mesin motor dalam keadaan mati atau off sebelum didirikan
  4. Usahakan meminta bantuan pada teman/pengendara lain untuk mengangkat motor
  5. Posisikan pengendara dan teman di kedua sisi motor yang berbeda untuk mengangkatnya.

Tips Lainnya

  1. Angkat motor dengan posisi tubuh membelakangi motor dan mendorong menggunakan otot kaki dan dibantu dengan kedua tangan. Sementara itu teman pengendara di sisi seberang motor untuk membantu menyeimbangkan posisi motor
  2. Hindari mengangkat motor dalam kondisi punggung membungkuk untuk meminimalisir cedera
  3. Setelah motor berdiri pastikan kondisi motor baik baru bisa melanjutkan berkendara.

Melakukan terabatas dan menjelajah medan offroad memang menguras tenaga dibandingkan berkendara di jalan raya, sehingga disarankan selalu menjaga stamina tubuh dan juga kondisi motor yang prima.

Berkendara dengan teman juga lebih baik. Selain karena lebih menyenangkan, bersama teman juga dapat membantu jika terjadi masalah pada saat di jalur off-road. (Uli)

loading...