Beda Nama Beda Fungsi, Air Humidifier Versus. Air Diffuser

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Jumat, 3 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Teknologi yang membantu kualitas udara kini sudah sangat banyak. Antara istilah air humidifier dan air diffuser, masih sering terbalik digunakan. Namanya yang cukup mirip memang bisa membuat orang awam bingung.

Keduanya memang ada untuk menjaga kebaikan kandungan zat di udara agar tetap sehat dan aman dihirup oleh penghuni rumah.

Penggunaannya yang juga lumayan mirip semakin membuat orang mengiranya kedua hal yang sama.

Namun demikian, keduanya sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Apa saja perbedaan antara air humidifier dan air diffuser? Simak penjelasannya berikut ini! dilansir dari Merdeka.com (02/06/2022).

Perbedaan Air Humidifier dan Air Diffuser

Secara garis besar, keduanya begitu berbeda dari segi dua hal: tujuan penggunaan dan cara kerjanya. Keduanya dibuat untuk dua ‘misi’ yang berbeda atas dua permasalahan udara yang berbeda pula. Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Fungsi Air Humidifier

Air humidifier berfungsi untuk mengatur tingkat kelembapan di udara. Ruangan dengan udara yang terlalu kering mendukung habitat tungau debu.

Nah, kehadirannya ini semakin mendukung pula debu dan alergen lain untuk menumpuk sehingga menyebabkan segala jenis gangguan kulit, salah satunya eksim.

Selain itu, udara kering juga menimbulkan berbagai penyakit seperti flu, sinus, serta penyakit paru-paru lainnya. Nah, adanya air humidifier bertugas untuk mengatur kelembapan udara dalam ruangan.

Bagaimana dengan Air Diffuser?

Sementara itu, air diffuser digunakan dengan minyak esensial yang berfungsi sebagai aromaterapi. Udara yang dikeluarkan dari air diffuser kemudian akan bercampur aroma berbagai macam minyak esensial.

Selain membuat ruangan harum, aromaterapi juga memberi manfaat kesehatan berupa melepas stres, penenang, melawan mikroba, hingga meredakan masalah pernapasan.

Minyak esensial yang disebarkan melalui air diffuser memang dikenal sebagai alternatif yang lebih efektif dan aman dari lilin aromaterapi.

Bagaimana Cara Kerja Air Humidifier?

Pada dasarnya air humidifier melembapkan udara ruangan dengan menambah jumlah uap air hangat ke udara. Uap air ini berasal dari memanaskan air, sehingga air humidifier membutuhkan jumlah air yang cukup banyak untuk bisa bekerja di ruangan yang luas.

Cara Kerja Air Diffuser

Sedangkan air diffuser memang dibuat untuk menyebarkan minyak esensial di udara sehingga hanya butuh air dalam jumlah sedikit.

Minyak esensial menjadi komponen penting dalam air diffuser untuk menjalankan fungsinya. Air diffuser memanaskan minyak esensial dan kipas angin untuk meniup udara.

Memilih untuk menggunakan air humidifier atau air diffuser tentu tergantung kebutuhan dan manfaat yang ingin dicapai.

Jika Anda tinggal di wilayah dengan udara kering dan telah menimbulkan berbagai dampak negatif bagi kesehatan Anda, air humidifier bisa menjadi jawaban jangka panjang bagi Anda.

Kalau Anda ingin pulang ke rumah untuk relaksasi serta meningkatkan kesehatan psikologis, aromaterapi dari air diffuser bisa menjadi solusi untuk Anda. (Uli)

loading...