Beberapa Persiapan Pra-kehamilan Yang Penting Untuk Dilakukan Wanita

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 5 Juni 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pada saat kamu tengah merencanakan kehamilan, sangat penting untuk menyiapkan tubuhmu lebih dahulu. Walau begitu, pada banyak kejadian, kehamilan datang lebih dahulu sebelum tubuh dipersiapkan.

Kurangnya persiapan kehamilan ini bisa berujung risiko komplikasi. Padahal, hal ini sangat penting agar kamu mengalami kehamilan yang sehat dan aman.

Kondisi tubuh yang kuat ini sangat penting untuk kamu mengandung selama sembilan bulan. Persiapan pra-kehamilan ini penting demi mencegah berbagai komplikasi kesehatan. Dilansir dari Merdeka.com (03/06/2021), berikut sejumlah persiapan pra-kehamilan yang penting untuk dilakukan wanita.

Pastikan Sudah Mendapat Vaksin

Banyak infeksi yang bisa berdampak bahaya bagi bayi yang belum lahir. Sebelum hamil, pastikan kamu telah divaksinasi sejumlah penyakit yang umum dijumpai sehari-hari. Pastikan telah mendapat imunisasi terbaru untuk mencegah masalah kesehatan.

Mengontrol Kondisi Kesehatan Kronis

Jika menginginkan kehamilan yang berjalan mulus, kondisi sehat sangat penting. Kondisi kesehatan kronis seperti diabetes, asma, dan hipertensi bisa jadi penghalau terjadinya kehamilan. Jika kamu memiliki masalah ini, kamu bisa konsultasi dengan dokter untuk menstabilkan kondisimu terlebih dahulu.

Konsumsi Suplemen       

Sebelum kehamilan, penting untuk mengonsumsi sumplemen seperti vitamin yang diberikan dokter. Hal ini bisa membantu menguatkan kondisimu serta mencegah munculnya masalah ketika kehamilan.

Konsumsi Makanan Sehat

Meningkatkan kesehatan bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang seimbang. Hal ini juga bisa membantu menjaga berat badan ideal saat kehamilan.

Kamu wajib mengonsumsi buah dan sayuran segar pada pola makanmu. Hindari makanan olahan serta garam tambahan pada makanan ketika kehamilan. Pastikan untuk membuat tubuh menjadi sehat dan bugar untuk kehamilan berjalan lancar. (Uli)