Basmi Drone Nakal Dengan Burung Elang

Minggu, 28 Februari 2016
loading...

Indolinear.com – Aerial drone telah banyak membantu manusia dalam berbagai hal, di antaranya dalam hal jurnalistik dan dokumentasi. Bentuknya yang kecil dan cepat menjadikannya fleksibel untuk terbang di manapun.

Namun banyak sekali drone-drone nakal yang terbang di zona yang seharusnya tidak dilalui oleh drone. Kelincahan drone pun seringkali susah dideteksi, apalagi untuk dihentikan. Banyak cara untuk menghentikan drone, dari cara yang brutal seperti melemparnya dengan buah-buahan, atau cara yang paling masuk akal seperti disemprot dengan selang pemadam kebakaran. Dari banyak cara, manakah yang paling efektif?

Ternyata, jawabannya adalah predator. Elang adalah solusi sebenarnya untuk drone-drone yang nakal. Hal ini pun sudah diuji oleh kepolisian Belanda, dengan menggunakan elang untuk menjatuhkan drone dari langit. Politie Nederland pun mengunggah video dari aksi burung raksasa tersebut di kanal YouTube.

Video tersebut memperlihatkan seekor elang yang sudah terlatih, menerkam drone yang sedang terbang hingga rusak. Dalam uji coba ini, drone berhasil dilumpuhkan, layaknya elang yang menerkam mangsanya. Namun tantangan terbesar dalam penanganan drone dengan elang ini justru keselamatan elang tersebut. makin besar ukuran drone, makin sulit elang melumpuhkannya, dan kemungkinan cidera makin besar. Cara yang dilakukan para trainer elang saat ini hanyalah melindungi kaki si elang dari motor drone.

Ini adalah solusi terbaik untuk penanganan drone nakal agar tidak beroperasi di luar zona terbang drone. Perusahaan pelatih elang bernama Guard From Above, bahkan mendeskripsikan ide ini sebagai “solusi low-tech bagi masalah high-tech.” Perusahaan pelatih elang memang tak salah, hal ini membuktikan bahwa sampai saat ini teritori langit masih dikuasai oleh burung elang. Teknologi ternyata masih belum mampu memuncaki rantai makanan. (uli)

 

Sumber: Merdeka.com