Baru Terungkap, Sosok Husqvarna Norden 901 Versi Produksi

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 24 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sosok Husqvarna Norden 901 versi produksi akhirnya terungkap. Motor berkarakter adventure ini nampak gagah.

Produksi massal kuda besi tualang ini ternyata tidak beda jauh dari model purwarupa yang dipamerkan di EICMA 2019. Mulai dari bodi, swingarm, hingga suspensi yang ditangani oleh WP. Kabarnya, harga yang ditawarkan jauh lebih mahal dari KTM 790 Adventure.

Seperti kita tahu, Husqvarna Norden 901 pertama kali melantai masih berupa konsep. Setelah dipamerkan, ternyata dirinya mendapat minat yang tinggi dari ratusan ribu penggemar sepeda motor.

Ia pun ditetapkan menjadi produk tambahan di jajaran motor jalan raya Husqvarna Motorcycles setelah Svartpilen atau Vitpilen.

Hasil final Husqvarna Norden 901 terungkap berkat presentasi investor Pierer Mobility yang bocor ke publik. Sesuai gambar yang beredar, tidak banyak berubah. Beberapa bagian justru tampak lebih bagus. Dan dari segi desain serta gaya keseluruhan, dirinya sangat identik seperti model konsep.

Norden 901 didasarkan dari platform KTM 890. Dengan demikian, mesin yang digendongnya berkapasitas 889,5 cc, silinder kembar paralel dan berpendingin cairan.

Sebagai referensi dari model KTM, berarti dirinya bisa menghasilkan tenaga maksimum sebesar 119 Hp pada 9.250 rpm dan torsi puncak 99 Nm pada 7.750 rpm. Meski berbagi jantung pacu dengan saudaranya, tentu ia punya performa lebih mumpuni ketimbang KTM 790 Adventure.

Hal itu juga membantu para konsumen untuk membedakan Husqvarna dari saudara kandungnya KTM. Dan mendorong Norden 901 sebagai sepeda motor yang lebih fokus pada perjalanan jarak jauh, menyempurnakan pengendalian di medan on-road serta kemampuan di lintasan off-road, dilansir dari Liputan6.com (22/09/2020).

Fitur-Fitur

Beda dengan KTM 890 yang lebih cocok untuk penggunaan di jalan raya. Tak salah pula jika ia dijual lebih mahal dari KTM 790 Adventure.

Kalau dilihat dari desain sejak pertama keluar, bisa dibilang lebih radikal dari saudaranya. Penampilannya mencolok dan dianggap sebagai petarung alam liar antimainstream. Selain itu, unsur-unsur modern juga turut teraplikasi.

Pertama ada terapan headlamp bulat LED lengkap dengan fitur DRL (Daytime Running Light). Dilengkapi pula dengan dua unit foglamp yang mengapit di bagian muka. Sayangnya crash bar yang terpasang pada model konsep tidak terlihat.

Desain bagian tengah sangat ramah untuk ukuran motor off-road, dengan tangki bahan bakar yang menjulang ke atas dan cover bodi ramping untuk memudahkan pengendara mengapit paha. Buat menunjang pengalaman berkendara menyenangkan, pabrikan memberikan struktur kaki yang kuat.

Diberikan USD dari WP untuk depan, dan ditambah cover shock, agar telihat kokoh. Belakangnya ada suspensi tunggal yang bersarang menyangga tubuhnya.

Peredam kejut yang juga dari WP itu diletakan dengan sudut kemiringan 45 derajat. Rancang bangun seperti ini dianggap layak mengakomodasi kebutuhan pengendara.

Apalagi Norden 901 punya desain jok lebar. Kenyamanan juga dituangkan melalui posisi stang yang tinggi, berikut hand guard.

Perkiraan Harga

Agar tangguh melahap medan rusak, motor dibuat jangkung. Terlihat jelas dari ground clearance yang tinggi. Disokong pula pemilihan roda jari-jari 21-18 inci (depan-belakang) dan dibalut ban tubeless tipe dual purpose.

Sektor pengereman terutama disc brake sudah ditambahkan cover. Diharapkan telah dilengkapi ABS dua channel untuk meningkatkan penanganan di jalan raya. Selain itu, ada pula penutup mesin dengan bentuk cukup modis.

Fiturnya terdapat panel instrumen berisi ragam info yang ditampilkan secara digital melalui layar TFT. Belum ada detail informasi terkait teknologi di dalamnya. Pada bagian setang juga terdapat beberapa tombol yang belum diketahui berfungsi untuk apa. Sayangnya, foto sederhana yang tersebar tidak membocorkan hal itu.

Husky Norden 901 terjun langsung ke segmen sepeda motor tualang kelas menengah. Dirinya berhadapan dengan rival terbesar seperti Triumph Tiger 900 dan Yamaha Ténéré 700 yang sangat sukses.

Meski Husqvarna memposisikan dirinya sebagai merek yang lebih high-end dari pada KTM, harganya hingga saat ini belum diketahui. Bolah jadi ada di kisaran $ 14.000 atau Rp 207 juta, mengingat KTM 790 Adventure berharga $ 12.700.

Merek asal Swedia itu diharapkan merilis versi final Norden 901 pada akhir tahun ini. Sayangnya, EICMA dan Intermot dibatalkan karena pandemi COVID 19. Jadi ada kemungkinan perusahaan melakukan peluncuran secara virtual. Menarik ditunggu. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: