Banyak Permintaan, Google Maps Hadirkan Navigasi Untuk Sepeda

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Rabu, 18 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Aktivitas bersepeda tak bisa dimungkiri jadi olahraga yang naik daun meski saat ini kita berada di tengah pandemi.

Karenanya, permintaan untuk menghadirkan navigasi khusus pesepeda juga meningkat di Google Maps.

Menurut catatan, ada kenaikan hingga 69 persen agar aplikasi pemetaan dan navigasi milik Google tersebut hadir dengan fitur navigasi khusus sepeda. Menjawab permintaan tersebut, fitur itu akhirnya kini diluncurkan.

Dikutip dari Merdeka.com (17/11/2020), Google Maps mengatakan sudah merilis sejumlah fitur baru termasuk navigasi untuk pengguna sepeda. Fitur ini sudah diluncurkan di sejumlah kota besar, tapi memang tidak diungkap daftar lengkapnya.

Google mengatakan memakai algoritma kecerdasan buatan ditambah data yang dikumpulkan dari sejumlah sumber termasuk pemerintah kota setempat untuk menghadirkan fitur ini.

Nantinya, fitur ini akan memandu pesepeda yang memanfaatkan Google Maps untuk melalui jalur sepeda atau area ramah sepeda saat menuju lokasi yang diinginkan. Mengingat ditujukan untuk pesepeda, jalur yang diberikan kadang disertai pula jalan pintas.

Tidak hanya itu, Google Maps kini juga menyertakan navigasi step-by-step yang dapat mengarahkan pengguna ke tempat sewa sepeda, apabila memang tersedia di sebuah wilayah.

Fitur ini mirip dengan navigasi yang mengarahkan pengguna ke angkutan umum, tapi bedanya ditujukan untuk sepeda. Guna mendukung fitur ini, Google dilaporkan telah melakukan integrasi dengan layanan persewaan sepeda di berbagai kota untuk mempermudah proses pemesanan.

Jalur Sepeda di Google Maps

Sebelumnya, Google menyebut bahwa sejak Februari lalu permintaan untuk petunjuk arah jalur sepeda di Google Maps, melonjak hingga 69 persen.

Fitur ini sebenarnya sudah lama ada, yakni pertama kali diperkenalkan sepuluh tahun lalu. Nah, saat ini perusahaan menggulirkan pembaruan untuk petunjuk arah di Google Maps.

“Saat kebiasaan bersepeda mengalai perubahan, terutama di tengah Covid-19, kami terus memperbarui informasi ini untuk membantu Anda menemukan rute sepeda paling andal,” ujar Vishal Dutta, Product Manager di Google Maps.

Untuk memberi rekomendasi rute sepeda terbaik, kata Vishal, Google menggunakan paduan Machine Learning, algoritma kompleks, dan wawasan terkait kondisi dunia nyata berdasarkan citra dan data dari otoritas pemerintah dan kontribusi masyarakat.

“Kami juga mempertimbangkan berbagai bentuk jalur sepeda dan jalan-jalan terdekat yang mungkin kurang bersahabat untuk sepeda Anda (seperti terowongan, tangga, dan kondisi permukaan yang buruk) sehingga Anda dapat memiliki rute bersepeda terbaik dan paling lancar,” tutur Vishal.

Hal yang tak kalah penting adalah pengguna dapat mengetahui apakah rute yang hendak dia lalui merupakan jalanan curam atau datar.

“Jadi Anda akan tahu apakah Anda berada dalam perjalanan sepeda yang mudah atau benar-benar akan memacu detak jantung Anda,” kata Vishal.

Lebih lanjut banyak kota di dunia menambah dan memperluas jalur sepeda untuk mendorong masyarakat bersepeda dan mengakomodasi lebih banyak pengendara sejak pandemi Covid-19 ini. Vishal menyebut perusahaan telah berupaya mengintegrasikan ratusan ribu jalur sepeda baru dalam beberapa bulan mendatang.

“Instansi pemerintah daerah dapat menyediakan data ini melalui Geo Data Upload Tool agar informasi jalur sepeda terbaru mereka tecermin di Google Maps,” kata Vishal.

Ketika pengguna mencari petunjuk bersepeda, ia juga akan melihat petunjuk yang mencakup informasi fasilitas bikeshare. Navigasi akan mencakup petunjuk arah berjalan kaki ke fasilitas bikesharing.

“Untuk beberapa kota, Google Maps akan menunjukkan kepada Anda tautan untuk membuka aplikasi bikeshare yang relevan untuk memesan dan membuka kunci sepeda,” ujar Vishal. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: