Banjir Bekasi, PMI Melakukan Penyemprotan Disinfektan Ke Wilayah Terdampak

FOTO: tempo.co/indolinear.com
Jumat, 26 Februari 2021
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Terkait banjir Bekasi, Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan penyemprotan disinfektan di daerah terdampak banjir guna mencegah penularan Covid-19.

“Saat ini kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi, untuk itu PMI akan melakukan spraying kepada seluruh daerah yang terkena banjir di seluruh Indonesia,” kata Sekretaris Jenderal PMI, Sudirman Said saat menyalurkan bantuan alat pembersih kepada warga korban banjir Bekasi, dilansir dari Tempo.co (25/02/2021).

Tepatnya di Perumahan Pondok Gede Permai RT 004 RW 010, Kelurahan Jati Rasa, Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin, 22 Februari 2021.

Dalam keterangan tertulisnya, Sudirman juga berharap agar warga yang terkena dampak banjir untuk melakukan pembersihan mandiri dengan bantuan alat kebersihan yang disumbangkan PMI.

“Kita berharap agar warga juga bisa melakukan pembersihan mandiri, kami akan membagikan alat alat pembersih seperti mesin pompa penyedot lumpur, mobil tangki air dan cairan disinfektan,” ujar dia.

Pada kesempatan itu, Sudirman menegaskan agar seluruh relawan PMI tetap menegakkan protokol kesehatan Covid-19 saat melakukan evakuasi kepada warga yang terkena banjir. Menurut Sudirman syarat utama untuk menjadi relawan adalah sehat, untuk itu protokol kesehatan harus ditegakkan meskipun itu tidak mudah.

Sejumlah daerah di wilayah Jabodetabek mengalami banjir akibat intensitas hujan yang tinggi sejak 18-19 Februari.

Sementara itu, data Kementerian Kesehatan menyebutkan sebanyak 7.300 kasus baru terkonfirmasi Covid-19 pada Ahad 21 Februari 2021, sehingga sampai saat ini sudah tercatat akumulasi 1.278.653 kasus sejak pasien Covid-19 pertama ditemukan di Indonesia pada Maret 2020.

Saat ini di Indonesia terdapat 157.088 kasus aktif atau pasien yang tengah menjalani perawatan dan isolasi setelah terkonfirmasi Covid-19. Di tengah musibah banjir, termasuk banjir Bekasi pencegahan penularan virus itu tak boleh kendor. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: