Balapan Formula E Disebut Menjadi Masa Depan Motorsport

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Jumat, 13 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Vice President Infrastructure & General Affairs OC Jakarta EPrix 2022 Irawan Sucahyono mengatakan bahwa Formula E merupakan masa depan dunia motorsport.

Hal itu disampaikan Irawan Sucahyono dalam webinar series Net Zero Sport Emission Race World First: Season 8 – Jakarta E-Prix: Sustainability Perspective, Senin (9/5/2022).

“Formula E ini adalah future dari motorsport. Ini green motorsport. Jadi, mungkin nanti dunia balapnya akan berubah semua menjadi seperti ini,” kata dia.

“Indonesia sebagai salah satu tuan rumah Formula E memang sangat beruntung karena future ini datang di Indonesia,” ucap Irawan dalam rilis Jakpro yang dilansir dari Kompas.com (12/05/2022).

Selain itu, event Formula E yang juga akan digelar di Jakarta pada 4 Juni 2022 bisa meningkatkan kesadaran soal sustainabilitu dan energi terbarukan.

Hal tersebut lantaran balapan Formula E menggunakan mobil listrik yang berprinsip bebas emisi atau zero emission.

Irawan Sucahyono juga mencontohkan bahwa kesadaran soal sustainability itu juga bisa disebarkan oleh Formula E melalui hal-hal kecil.

“Contohnya, kami (pengelola) tak lagi menjual makanan dengan pembungkus styrofoam dan mengimbau soal pengunaan botol air,” kata dia.

Irawan menambahkan, upaya menebarkan kesadaran itu tak terlepas dari konsep zero emission atau sustainability yang diangkat Formula E. Konsep ini secara otomatis memengaruhi seluruh desain event.

Misalnya perihal pembangunan sirkuit, penyelenggara tak menebang pohon yang menghalangi pembangunan, tetapi memindahkannya.

Selain itu, Irawan melanjutkan bahwa balapan Formula E mengombinasikan tiga hal, yakni performance, efficiency dan sustainability.

Ketiga hal itu terlihat jelas mengingat ajang ini mengandalkan tenaga listrik sehingga lebih bersih, efisien dan pengelolaan acaranya pun lebih sustainable. (Uli)