Bakesbangpol Bekasi Mengalokasikan Rp500 juta sukseskan Pemilu 2024

FOTO: antaranews.com/indolinear.com
Rabu, 13 Juli 2022

Indolinear.com, Bekasi – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengalokasikan Rp500 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun depan untuk menyukseskan pemilihan umum 2024.

“Anggaran tersebut untuk kegiatan nonpemilu seperti sosialisasi, nilainya sekitar Rp500 juta,” kata Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bekasi Juhandi di Cikarang, Senin.

Dia mengatakan kegiatan sosialisasi Pemilu Serentak 2024 yang dilaksanakan pihaknya mulai awal tahun depan akan melibatkan kerja sama KPUD dan Bawaslu Kabupaten Bekasi.

“Penyelenggaranya kita, narasumber dari KPU dan Bawaslu sementara sasarannya mahasiswa, kelompok, atau organisasi kemasyarakatan dan forum-forum,” ucapnya.

Pihaknya juga akan memfasilitasi kebutuhan dua lembaga penyelenggara pemilu tersebut selama masa sosialisasi, termasuk kebutuhan untuk transportasi meliputi pinjam pakai kendaraan, persiapan lokasi sosialisasi, hingga kebutuhan mebeleur pendukung.

“Jadi anggaran yang kita dorong tahun depan itu sudah mencakup keseluruhan kebutuhan pelaksanaan sosialisasi,” katanya, dilansir dari Antaranews.com (12/07/2022).

Dirinya berharap melalui sosialisasi pemilu nanti, diharapkan tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu Serentak 2024 bisa lebih ditingkatkan paling tidak mampu melebihi target partisipasi yang ditetapkan KPU RI.

“Jauh dari itu, kita semua tentu ingin mendapatkan pimpinan serta wakil rakyat terpilih yang sesuai dengan harapan segenap masyarakat,” katanya.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Bekasi Jajang Wahyudin mengatakan terus membuka komunikasi intens kepada forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) demi menyukseskan pemilu mendatang, termasuk berkoordinasi dengan Bakesbangpol Kabupaten Bekasi.

“Kesuksesan pemilu bisa diukur dari sejauh mana persiapan yang sudah dilakukan oleh unsur-unsur yang terlibat di dalamnya,” katanya.

Jajang mengaku kesuksesan pemilu 2019 dari aspek tingkat partisipan yang mencapai 81,36 persen dari target KPU RI sebesar 77,5 persen pemilih menjadi pelecut semangat pihaknya agar minimal pada pemilu mendatang mampu menyamai capaian pemilu sebelumnya.

“Target kami untuk pemilu 2024 minimal 80 persen partisipan dari keseluruhan masyarakat yang terdaftar sebagai pemilih tetap,” kata dia. (Uli)

loading...