Bagaimana Jadon Sancho Bisa Bergabung Dengan Man United?

FOTO: kompa.com/indolinear.com
Jumat, 9 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Penyerang sayap timnas Inggris Jadon Sancho resmi bergabung dengan Manchester United. Man United resmi mengumumkan kedatangan Jadon Sancho pada Kamis (1/7/2021) lalu.

Setan Merah, julukan Man United, memboyong Jadon Sancho dari Borussia Dortmund dengan nilai transfer 90 juta euro (sekitar Rp 1,5 triliun) plus biaya tambahan yang tak disebutkan jumlahnya, sebagaimana menurut laporan pakar transfer dunia, Fabrizio Romano.

Dalam pengumumannya, Man United menjelaskan bahwa proses transfer Jadon Sancho akan rampung seusai tes medis dan penandatanganan kontrak. Kedua tahap itu disebut bakal selesai setelah Jadon Sancho tampil di Piala Eropa atau Euro 2020.

“Penandatanganan tunduk pada persyaratan kontrak dan medis, yang akan selesai setelah keterlibatan Jadon di Piala Eropa,” demikian penjelasan Man United, dilansir dari Kompas.com (08/07/2021).

Adapun, kedatangan pemain berusia 21 tahun ini mengakhiri penantian panjang Man United yang sudah meminati Sancho sejak lama. Lantas, bagaimana Sancho bisa gabung Man United?

Salah satu alasan Sancho gabung Man United karena klub berjulukan Setan Merah itu memang kepincut dengannya berkat performa impresif yang ia tunjukkan selama di Dortmund.

Sejak hengkang dari akademi Manchester City pada 2017, Sancho perlahan menjelma menjadi winger berbahaya “setajam silet” bersama Dortmund.

Empat musim bersama Dortmund, Sancho membukukan 50 gol dan 64 assist dari 137 pertandingan di semua kompetisi. Catatan impresif itulah yang membuat Man United ingin membawa pulang Sancho ke Inggris.

Dortmund awalnya sempat menolak tawaran dari Man United. Namun, karena Dortmund tidak ingin melepas Sancho dengan gratis saat kontraknya habis pada Juni 2023, pihak klub pun memutuskan untuk melepasnya sekarang dengan nilai yang cukup besar.

Awal mula keberhasilan Man United menggaet Sancho bermula dari kekalahan Setan Merah dari Villarreal pada final Liga Europa 2020-2021. Ole Gunnar Solskjaer langsung membahas bursa transfer tepat setelah Man United gagal meraih trofi.

Tiga hari berikutnya, sang pelatih mendiskusikannya bersama Ed Woodward yang masih menjabat Executive Vice-Chairman Manchester United kala itu.

Ed Woodward lalu menghubungi rekannya dari Jerman, Hans-Joachim Watzke, sehingga proses kesepakatan telah memakan waktu lebih dari sebulan.

Gayung bersambut, kontrak Sancho bersama Dortmund yang kurang dua tahun tak ingin disia-siakan oleh klub asal Jerman tersebut dan klub memilih untuk melunak dalam bernegosiasi.

Musim lalu, Die Borussen tak mau menurunkan harga di angka 120 juta euro. Namun kali ini, harga tersebut turun menjadi 90 juta euro. Di sisi lain, Sancho dikabarkan tidak berniat kembali ke Dortmund untuk pra-musim mendatang.

Apabila ia tetap kembali ke Dortmund, maka bisa jadi ada masalah. Kemudian faktor lainnya karena sang pemain memang telah mempersiapkan langkah kepindahannya sejak kompetisi musim 2020-2021 selesai.

Langkah pertama yang diambil adalah pencarian sebuah rumah di daerah Manchester. Kota Manchester sendiri bukan tempat asing baginya, karena Sancho pernah menghabiskan dua tahun di Etihad Stadium yang berakhir pada tahun 2017.

Selain itu, Sancho juga memiliki teman dekat di timnas Inggris, yaitu Marcus Rashford, yang juga kebetulan bermain untuk Man United.

Jelang pengumuman Man United resmi menggaet Sancho, Rashford kedapatan memberi kode “Yes x” dalam akun Twitter pribadinya. Komentar itu mengiyakan bahwa Sancho bakal gabung dengan Man United. (Uli)