Bagaimana AgarTetap Bugar saat Puasa, Ini Resepnya

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Sabtu, 24 April 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Saat menjalankan puasa Ramadan, tubuh sering kali kekurangan jam tidur sebab kita harus bangun dini hari untuk menyantap maakanan sahur. Aktivitas ibadah selama puasa juga banyak dilakukan di malam hari.

Badan juga terasa lemas karena kekurangan cairan atau dehidrasi. Asupan energi di siang hari juga berkurang saat puasa.

Tetapi badan lemas dan lelah bukan menjadi alasan bagi kita untuk malas bergerak apalagi sampai tak beraktivitas. Puasa sebaiknya tidak jadi pembenaran kinerja menurun atau enggan melakukan ibadah di siang hari.

Ada resep agar puasa tetap bugar dan semangat menjalani aktivitas seharian, dilansir dari Dream.co.id (22/04/2021).

Ubah pola tidur

Karena harus bangun lebih pagi untuk sholat malam dan makan sahur, sebaiknya mempercepat jam pergi tidur di malam hari. Hindari begadang semalaman bila bukan untuk keperluan penting.

Saat siang hari, manfaatkan untuk istirahat sejenak 10 hingga 15 menit. Sejumlah penelitian menyebutkan tidur siang sejenak bisa mengatasi kekurangan jam tidur di malam hari.

Olahraga

Berolahraga agar badan tetap bugar namun jangan terlalu keras karena kita berpuasa di siang hari. Lakukan olah raga kardio ringan seperti jalan kaki atau jogging satu jam sebelum berbuka puasa.

Waktu lain yang tepat untuk berolahraga ialah setelah berbuka hingga sebelum tidur. Olahraga yang pas untuk jam ini adalah angkat beban karena telah mendapatkan energi saat berbuka puasa.

Angkat beban juga efektif membakar kelebihan energi dari makanan berlebih di saat berbuka puasa.

Hindari makanan tertentu

Makanan dan minuman yang mengandung kafein membuat kita sulit tidur. Padahal, tubuh perlu istirahat agar bisa aktif dan berpuasa keesokan harinya.

Makanan dan minuman kafein juga sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur. Kafein yang mempunyai sifat deuretik menyerap air sehingga menyebabkan sering buang air kecil dan memicu dehidrasi.

Matikan gadget

Gadget, televisi, dan alat elektronik lainnya menyebabkan kita sulit tidur. Cahaya yang dipancarkan gawai mengganggu kinerja otak yang harusnya beristirahat. Jangan akses gawai dan televisi satu jam sebelum tidur. (Uli)