Asupan Cairan Sudah Terpenuhi? Ini Cara Untuk Mengetahuinya

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Kamis, 29 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Kandungan air dalam tubuh manusia sekitar 60%-70% dari berat tubuh. Kamu pasti pernah dengar bahwa kita harus minum 8 gelas sehari untuk mengoptimalkan kesehatan dan pencernaan.

Sebenarnya, tidak ada memiliki jumlah standar air yang harus diminum setiap orang. Banyak air yang harus kamu minum setiap hari sangat bergantung pada aktivitas dan kondisi tubuh.

Menurut Drew Sinatra, ND, seorang dokter naturopati, air adalah pengangkut zat dan nutrisi kedalam tubuh. “ Minum air dapat membuat racun, melumasi sendi, meredakan sembelit, meningkatkan konsentrasi, fokus, energi, elastisitas kulit, suasana hati, dan secara keseluruhan adalah kesehatan,” katanya, dilansir dari Dream.co.id (27/07/2021).

Seluruh sel tubuh manusia menggunakan air, oleh sebab itu penting untuk terhidrasi dengan baik. Untuk mengetahui apakah kita susah cukup minum air atau belum adalah dengan melihat warna dan frekuensi buang air kecil.

” Buang air kecil setiap 90 menit hingga dua jam adalah hal yang normal. Jika urine berwarna kuning gelap dan kamu hanya buang air kecil setiap enam jam atau lebih, maka kamu tidak cukup terhidrasi,” kata Sinatra.

Cara lain untuk mengetahui tingkat hidrasi adalah memeriksa elastisitas kulit. Dokter Sinatra menyarankan untuk menjepit kulit di punggung tangan selama beberapa detik dan lihat apa yang terjadi.

Jika kulit kembali ke tempatnya dengan cepat, maka kemungkinan kamu terhidrasi dengan baik. Namun jika perlu waktu untuk kembali normal, maka bisa saja kamu mengalami dehidrasi. Jika muncul gejala dehidrasi seperti pusing, brain fog, dan kelelahan segera minum banyak air atau konsumsi buah-buahan kaya air. (Uli)