Asteroid Akan Kunjungi Bumi Pada Bulan Maret

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 17 Februari 2016
loading...

Indolinear.com, California – Isu asteroid yang mendekati Bumi ditepis NASA tidak akan membahayakan umat manusia. Meski begitu, Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut telah mengambil ancang-ancang jika memang benda luar angkasa itu mendekati Bumi di masa mendatang.

Laporan terbaru, sebuah asteroid akan kembali mendekati Bumi di Maret 2016. NASA mengatakan, asteroid dengan kode nama “2013 TX68” ini sempat berada di posisi terdekat dengan Bumi berjarak 1,3 juta mil, dua tahun lalu.

Kini, 2013 TX68 akan kembali mendekati Bumi dalam hitungan beberapa minggu lagi. Akan tetapi. NASA belum bisa memprediksi jarak seberapa dekat asteroid tersebut dengan Bumi.

“Paling dekat mungkin bisa diprediksi 11.000 mil dari Bumi, atau setidaknya paling jauh 9 juta mil jauhnya,” kata juru bicara NASA.

2013 TX68 sendiri berdiameter 100 kaki dan memiliki ukuran sebesar pesawat terbang. NASA mengungkap, asteroid itu akan kembali mengunjungi Bumi pada 28 September 2017 setelah bulan depan.

Terkait kedatangan 2013 TX68 ke orbit Bumi, NASA memprediksi benda alam tersebut akan hadir pada 5 Maret 2016. “Masih terlalu jauh untuk dilihat dengan menggunakan teleskop,” tambahnya.

Sekadar informasi, setidaknya terdapat sekitar 1 juta asteroid berada di dekat bumi, bahkan bisa saja keberadaan jutaan asteroid tersebut mampu mengancam planet Bumi.

Bukti otentik yang diperlihatkan dari fenomena asteroid ini adalah saat obyek tak dikenal meledak di atas Chelyabinsk, Rusia, dengan kekuatan 20-30 kali dari bom atom Hiroshima. (uli)

Sumber: Liputan6.com