ASEAN Menunjuk 10 Duta Olahraga Wanita, Leani Ratri Termasuk

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Senin, 6 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sekretariat ASEAN sukses menggelar talk show virtual berjatuk “ASEAN #WeScore” pada Jumat (3/12/2021) sore WIB.

Fokus utama dari talk show tersebut adalah membahas isu kesetaraan gender di dalam dan melalui olahraga.

Dalam talk show tersebut, ASEAN juga mengumumkan 10 atlet dan ofisial yang ditunjuk untuk menjadi Duta Olahraga Wanita Asia Tenggara.

Salah satu atlet yang ditunjuk ASEAN untuk menjadi Duta Olaharaga Wanita Asia Tenggara adalah Leani Ratri Oktila, dilansir dari Kompas.com (05/12/2021).

Leani Ratri Oktila merupakan atlet parabadminton Indonesia berprestasi. Terkini, Leani Ratri sukses mengharumkan Indonesia di pada Paralimpiade Tokyo 2020 berkat raihan dua medali emas dan satu perak.

Sosok berusia 30 tahun itu menjadi satu-satunya atlet Indonesia yang ditunjuk ASEAN untuk menjadi Duta Olahraga Wanita Asia Tenggara.

Terdapat delapan atlet lainnya yang juga ditunjuk ASEAN, yakni HRH Princess ‘Azemah Ni’matul Bolkiah (atlet polo Brunei Darussalam), Sokha Pov (atlet bela diri tradisional Kamboja), Farah Ann Abdul Hadi (atlet gimnastik Malaysia), Soe Soe Myar (atlet taekwondo Myanmar), Hidilyn Diaz (atlet angkat besi Filipina), Amita Berthier (atlet anggar Singapura), Panikpak Wongpattanakit (atlet taekwondo Thailand), dan Tuyet Van Chau (atlet taekwondo dari Vietnam).

Adapun satu duta lainnya adalah kepala pelatih timnas renang Laos, Soulamphone Kerdla.

Tugas 10 duta di atas adalah menggunakan pengaruh mereka untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perembuat melalui olahraga di seluruh kawasan ASEAN.

Secara garis besar, talk show “ASEAN #WeScore” membahas banyak isu mulai dari kesetaraan gedner dan kepemimpian perempuan, perlindungan peremepuan dan anak perempuan dalam olahraga, hingga mempromosikan hak-hak penyandang disabilitas dalam olahraga.

Topik terakhir juga dibahas karena talk show ASEAN #WeScore bertepatan dengan Hari Penyandang Disabilitas Internasional.

Leani Ratri Oktila mengaku sangat bangga dan senang setelah ditunjuk sebagai salah satu Duta Olahraga Wanita Asia Tenggara oleh ASEAN.

“Saya merasa dihargai sebagai atlet paralimpiade,” kata Leani.

Kampanye “ASEAN #WeScore” merupakan bagian dari ASEAN-Japan Actions on Sports, sebuah proyek di bawah naungan SOMS+Japan yang didanai oleh Pemerintah Jepang melalui Japan-ASEAN Integration Fund.  Sebelum acara talk show, Sekretariat ASEAN mengadakan “Tribute to Tokyo 2020 ASEAN Olympic and Paralympic Medalists” untuk menghormati dan merayakan prestasi para atlet ASEAN di Asian Games.

Kampanye “ASEAN #WeScore” berkontribusi pada implementasi ASEAN Work Plan on Sports 2021-2025 dan sejalan dengan Visi ASEAN 2025 dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) PBB nomor 5: Mencapai Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Semua Perempuan dan Anak Perempuan. (Uli)