Asal-usul “Fergie Time”, Momen Magis yang Kerap Menyelamatkan Man United

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 2 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Istilah Fergie Time kembali menjadi pembicaraan ketika Cristiano Ronaldo mencetak gol telat yang membuat Manchester United menang atas Villarreal pada pertandingan Liga Champions, Kamis (30/9/2021) dini hari WIB.

Manchester United menjamu Villarreal pada laga kedua fase grup Liga Champions 2021-2022 di Stadion Old Trafford.

Hingga waktu normal selesai, papan skor di Stadion Old Trafford masih menunjukkan angka 1-1.

Gol Villarreal melalui aksi Paco Alcacer pada menit ke-53 bisa dibalas oleh bek kiri Man United, Alex Telles, lewat sebuah sepakan voli menit ke-60.

Ketika tampaknya laga bakal berakhir imbang, Cristiano Ronaldo muncul sebagai pahlawan kemenangan Manchester United.

Ronaldo mencetak gol tepat pada menit keenam masa injury time. Skor berubah menjadi 2-1 dan Man United pun berhasil mengamankan tiga poin pada matchday kedua fase grup Liga Champions.

Gol kemenangan yang dicetak oleh Cristiano Ronaldo tersebut langsung mengingatkan fans Man United kepada Fergie Time, sebuah momen magis yang kerap menyelamatkan Setan Merah dari kekalahan.

Asal-usul Fergie Time

Dilansir dari Kompas.com (01/10/2021), munculnya istilah Fergie Time berawal dari pertandingan Manchester United melawan Sheffield Wednesday pada Premier League musim 1992-1993.

Hingga pertandingan memasuki menit ke-90, skor laga Man United menghadapi Sheffield Wednesday pada saat itu masih 1-1.

Ketika waktu normal selesai, wasit kemudian memberikan tambahan waktu atau injury time selama tujuh menit.

Pada periode tambahan waktu tujuh menit tersebut, Steve Bruce mencetak gol yang mengubah skor menjadi 2-1.

Manchester United yang saat itu masih dilatih oleh Sir Alex Ferguson pun memenangi pertandingan. Kemenangan ini membuka jalan bagi Setan Merah untuk menjuarai Premier League 1992-1993, gelar liga pertama setelah 26 tahun.

Seiring berjalannya waktu, Man United kerap mencetak gol pada menit-menit akhir yang membuat mereka memenangi pertandingan atau selamat dari kekalahan.

Berdasarkan data Goal, dari musim 1992-1993 hingga 2012-2013, Manchester United tercatat pernah mencetak gol pada Fergie Time alias di atas menit ke-90 sebanyak 81 kali.

Istilah Fergie Time kemudian melekat dengan momen di mana Manchester United berhasil mencetak gol pada masa injury time.

Bagi Man United dan pendukungnya, melihat gol pada Fergie Time akan menghadirkan sensasi tersendiri. Hal ini diakui oleh Sir Alex Ferguson.

“Nilainya adalah, jika Anda mencetak gol pada injury time, lihatlah ruang ganti? Itu (suasananya) benar-benar luar biasa,” ungkap Sir Alex, dikutip dari Balls.ie.

“Para penggemar akan pulang. Mereka tidak sabar untuk pergi ke pub dan membicarakannya. Mereka tidak sabar untuk memberi tahu istri dan anak-anak mereka bagaimana rasanya berada di Old Trafford dan (tim) mencetak gol pada menit terakhir. Itulah nilainya,” tutur Sir Alex.

Namun, bagi tim lawan, Fergie Time adalah bencana. Sebab, mereka harus kehilangan poin dan merelakan kemenangan kepada Manchester United gara-gara sebuah gol pada menit terakhir pertandingan. (Uli)