Arus Sungai Digul Di Papua Bergerak Seperti Gelombang Tsunami

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Selasa, 7 September 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Fenomena alam yang unik sebenarnya banyak terjadi di sekitar tanah Nusantara. Hanya saja kita jarang mengetahuinya, jika tak mau disebut sering merasa meremehkan kelebihan itu dari negara lain.

Salah satu fenomena alam yang unik dan tidak biasa itu terjadi di Sungai Digul, Papua.

Melalui video yang dibagikan akun TikTok @ircham_bvd_lnd, tampak di sungai sepanjang 525 kilometer itu tiba-tiba muncul ombak tinggi mirip tsunami.

Padahal ombak tinggi hanya terjadi di lautan. Namun kali ini ombak yang cukup tinggi mirip tsunami terjadi di Sungai Digul, dilansir dari Dream.co.id (06/09/2021).

Fenomena Ombak Tinggi di Sungai Digul, Papua

Awalnya ombak tinggi tersebut hanya terlihat di sekitar pinggir sungai. Sebuah speed boat oranye tampak berada sangat dekat dengan gelombang besar di Sungai Digul itu.

Speed boat tersebut seolah bermain kejar-kejaran dengan ombak yang terus datang bergulung-gulung. Beruntung ia akhirnya bisa menjauh dari ombak raksasa tersebut.

Kamera yang merekam peristiwa menegangkan itu kemudian menyorot bagian tengah. Jika diperhatikan ombak di Sungai Digul itu makin lama makin membesar.

Ombak Besar Itu Dinamakan Kepala Arus

Ketinggian ombak tersebut kemungkinan sekitar tiga atau empat meter. Jalannya juga semakin cepat dengan gulungan yang tambah membesar.

Seandainya ada speed boat yang tertinggal, mungkin akan hancur berkeping-keping dihantam ombak yang terlihat sangat ganas tersebut.

Bagi mereka yang pernah tinggal di sekitar Sungai Digul, pasti sudah biasa melihatnya. Di sana ombak raksasa ini disebut dengan istilah Kepala Arus.

” Orang orang sekitaran Sungai Digoel Papua bagian selatan pasti tau, ini yang disebut ‘kepala arus’,” bunyi caption dalam video tersebut.

Penyebab Sungai Bisa Muncul Ombak

Menurut keterangan Ircham, fenomena ombak di sungai tersebut biasanya karena adanya arus balik air pasang yang datang dengan cepat.

Jika di Riau, gelombang sungai raksasa seperti ini disebut dengan istilah Ombak Bono, dan seringkali jadi media untuk bermain selancar.

Untuk kasus ombak di Sungai Digul itu konon pernah memakan korban kapal tuckboat milik PT Korindo Plywood. Kapten sama kapalnya hingga kini belum ditemukan.

Ternyata Juga Terjadi di Sungai-sungai Lain di Indonesia

Terlepas dari cerita seram tersebut, video ini menarik perhatian netizen hingga menjadi viral. Banyak yang takjub karena bisa ada ombak raksasa di sungai.

Ternyata fenomena alam seperti ini juga terjadi di sungai-sungai lain di Indonesia dengan nama yang berbeda-beda pula.

Turki Diguncang Gempa Magnitudo 7 dan Tsunami

” Kepala aruss mau masuk muara Sungai Digoel kalau TDK slh.”

” Coba deh klo kapalnya tiba2 habis bensin wkwkw.”

” Sama seperti di SEBUKU KALIMANTAN UTARA, ada jg ombak seperti ini yg tdk bisa di prediksi kpn datang nya. Namanya dulun.”

” Kalo di Riau fenomena kyk gini namanya ini bono bg, kereenn. salam dri Riau.”

” D bintuni jg ada d kampung idor.. namanya ombak 3…”

” Ini masuk muara sj SD begini, bgmna cerita klo keluar muaranya?” (Uli)