Arkeolog Rusia Temukan Mumi Era Yunani-Romawi di Mesir

kompascom/indolinear.com
Jumat, 17 November 2017
loading...

Indolinear.com, kairo – Tim arkeolog dari negara Rusia menemukan mumi dengan kondisi yang masih baik dari era Yunani- Romawi di Kaior Mesir.

Kementerian Kepurbakalaan Mesir pada Selasa (14/11/2017) lalu mengumumkan, mumi tersebut berada di dalam sebuah peti kayu, yang ditemukan di kota New Fayoum, sekitar 80 km dari ibu kota Mesir.

“Tim menemukan mumi dengan kondisi baik di dalam peti kayu, dibalut kain linen, dengan wajah tertutup topeng dengan warna biru dan emas,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Dilansir Kompas.com, Jumat (17/11/2017), pemakaman dengan teknik mumi biasanya dilakukan pada periode Mesir kuno, namun praktik itu terus berlanjut hingga era Yunani-Romawi di Mesir.

Asisten Menteri Kepurbakalaan Mesir, Mohamed Abdel Lateef mengatakan, pemulihan peti mati akan dilakukan mengingat kondisinya yang rusak.

“Penutupnya rusak dan dasar dari peti juga memiliki beberapa celah dan tidak ada prasasti di atasnya,” katanya.

Misi tim arkeolog Rusia telah beroperasi selama tujuh tahun di daerah tersebut, yang memiliki monumen dari Islam dan Koptik, termasuk era Yunani-Romawi sekitar abad 330 SM hingga 670 Masehi.

Pada 2008, arkeolog juga menemukan mumi era Yunani-Romawi di Fayoum, Mesir. (Gie)