Aplikasi Untuk Memantau Aktivitas Gadget Anak, Terkontrol Dan Aman!

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 3 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Perangkat smartphone saat ini sudah lazim digunakan oleh anak-anak. Smartphone sendiri memang kerap diperkenalkan orang tua sejak kecil, mengingat berbagai hal yang dapat memudahkan ditawarkan oleh perangkat cerdas tersebut.

Hal ini makin sering terjadi lantaran di masa pandemi yang proses pembelajaran dilakukan secara digital untuk menggantikan sekolah secara tatap muka.

Namun, meski memberi kebaikan, penggunaan smartphone berlebihan pada anak juga bukanlah ide yang baik. Karena smartphone sekarang sebagian besar digunakan untuk menjelajahi web dan internet, penting untuk memantau apa yang dilakukan anak di dalamnya.

Kini sudah banyak cara untuk mengendalikan penggunaan smartphone anak. Orang tua dapat mengandalkan aplikasi parental control untuk memiliki kontrol yang lebih baik terhadap aktivitas akan dengan smartphonenya.

Ada banyak aplikasi parental control yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi-aplikasi ini bisa memungkinkan orang tua untuk mengontrol dan memantau aktivitas anak saat bersama dengan smartphonenya.

Berikut 10 aplikasi untuk pantau gadget Android anak, dilansir dari Merdeka.com (02/10/2020).

Google Family Link

Dengan Google Family Link, Anda dapat dengan mudah menetapkan aturan digital untuk memandu anak saat mereka belajar, bermain, dan menjelajahi dunia internet. Aplikasi ini memungkinkan orang tua untuk melihat aktivitas anak dan mengelola aplikasi yang bisa mereka gunakan.

Anda dapat menyetujui atau memblokir aplikasi yang ingin diunduh anak dari Google Play Store. Anda juga dapat mengelola pembelian dalam aplikasi dan menyembunyikan aplikasi tertentu di perangkat mereka. Semuanya bisa dilakukan dari perangkat Anda sendiri dari jarak jauh.

Kids Place – Parental Control

plikasi ini memberikan banyak fitur unik kepada pengguna dan memberi orang tua banyak fleksibilitas saat mengonfigurasi ponsel dan tablet anak mereka. Dengan Kids Place – Parental Control, Anda dapat mengatur batas waktu untuk menggunakan aplikasi tertentu, memblokir pembelian di Play Store, memblokir situs web, dan mengatur durasi penggunaan gadget.

Qustodio Parental Control

Aplikasi ini membantu orang tua memantau perangkat Android anak mereka tetap aman dan diawasi. . Dengan Qustodio Parental Control, orang tua dapat dengan mudah mengatur batas waktu untuk aplikasi dan game. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melacak, memfilter panggilan, memantau SMS, hingga melacak keberadaan ponsel anak.

Aplikasi Parenting Paling Aman dan Terkontrol

Kaspersky SafeKids

Kaspersky SafeKids merupakan aplikasi pemantau gadget anak yang cukup sederhana. Dengan Kaspersky SafeKids, Anda dapat memblokir situs berbahaya, mengelola penggunaan aplikasi, mengatur batas waktu layar, hingga memantau keberadaan anak saat bersama ponselnya.

Pada versi premium, Anda bisa memeriksa riwayat penelusuran YouTube anak dan mendapatkan pemberitahuan real time tentang apa yang mereka lakukan dengan ponselnya.

SecureTeen Parental Control

SecureTeen Parental Control bisa memantau gadget anak selama 24 jam. Dengan aplikasi ini orang tua bisa mengatur batas waktu harian untuk penggunaan ponsel dan tablet anak. Apa ini juga bisa melacak aktivitas yang dilakukan di situs jejaring sosial, memeriksa riwayat web, dan mengontrol semua aktivitas anak dengan gadgetnya.

ESET Parental Control

Aplikasi ini dirancang untuk melindungi anak-anak menggunakan tablet dan smartphone dengan cara yang ramah anak. Dengan aplikasi ini Anda dapat melakukan pemantauan seperti pemblokiran aplikasi, kontrol aplikasi berbasis waktu, pencari lokasi anak, dan menunjukkan situs web yang paling banyak dikunjungi. Dengan aplikasi ini ANda bisa memasukan usia anak, dan kategori seperti perjudian dan pornografi akan diblokir secara otomatis.

MMGuardian Parental Control

Dengan aplikasi ini Anda dapat dengan mudah melacak SMS, Panggilan, Tautan Web, penggunaan aplikasi, dan memblokir semua yang tidak diperlukan anak. Aplikasi ini bisa memantau gadget anak dari jarak jauh.

Aplikasi ini juga akan memberikan notifikasi saat pesan teks atau penelusuran web menunjukkan sexting, cyberbullying, pikiran untuk bunuh diri, dan banyak lagi. Tak cuma itu, aplikasi ini juga bisa memberi notifikasi ketika anak memiliki atau mengirik pesan MMS, bersifat dewasa atau menunjukkan sexting.

Aplikasi Parenting yang Cegah Anak Habiskan Uang Untuk Game

Kids Zone

Kids Zone memungkinkan Anda untuk menerapkan batas waktu layar, memblokir pembelian dalam aplikasi, memblokir pembelian di Google Play Store, memblokir SMS dan teks. Aplikasi ini juga bisa membatasi penggunaan Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat dan media sosial lainnya.

Plano

Plano pada dasarnya adalah aplikasi kesehatan mata yang memberikan pengguna berbagai fitur untuk mengelola penglihatan dan kesehatan mata anak. Plano adalah aplikasi kontrol orang tua berbasis sains yang memberdayakan penggunaan perangkat yang bertanggung jawab dan mengelola penglihatan dan kesehatan mata anak.

Dengan aplikasi ini orang tua dapat memberikan pemantauan kesehatan mata seperti, deteksi mata-ke-layar, petunjuk istirahat mata, pemantauan postur, deteksi cahaya rendah, dan filter cahaya biru. Selain itu, fitur kontrol orang tua dari plano termasuk penguncian jarak jauh.

FamilyTime

Dengan aplikasi ini Anda dapat dengan mudah mengaktifkan pencarian aman, mengatur batas layar, memblokir aplikasi, memantau panggilan dan SMS. Dengan aplikasi ini Anda bisa menyetel batas waktu pemakaian perangkat harian pada aplikasi tertentu di perangkat Android anak. Aplikasi ini juga akan memberi laporan tentang aplikasi apa yang sering digunakan anak dan berapa lama mereka menggunakannya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: