Aplikasi Mobile JKN Faskes Membantu Peserta Konsultasi Dengan Dokter

FOTO: radarbekasi.id/indolinear.com
Selasa, 1 September 2020
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Peserta program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tak perlu keluar rumah untuk berkomunikasi dengan dokter di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama. Cukup melalui gawai, hal itu bisa dilakukan.

Pasalnya, BPJS Kesehatan telah mengembangkan fitur “Konsultasi Dokter” pada aplikasi Mobile JKN Faskes. Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kota Bekasi Doni Alamanda menjelaskan, pada fitur itu terdapat menu “Chat Room”. Lewat menu tersebut peserta bisa berkonsultasi dengan dokter secara jarak jauh di faskes tingkat pertama meliputi klinik dan puskesmas yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Ia menyadari, pandemi telah membuat sebagian masyarakat khawatir untuk datang ke faskes karena takut tertular Covid-19. Kehadiran fitur ini sebagai jawaban atas kekhawatiran tersebut.

“Fitur ini membantu peserta konsultasi dengan dokter, tapi secara tidak langsung,” ujar Doni, dilansir dari Radarbekasi.id (31/08/2020).

Konsultasi dapat dilakukan sesuai operasional di masing-masing faskes. Setelah menjalani sesi konsultasi, peserta dapat memberi penilaian dan umpan balik kepada dokter.

Meski sudah diperkenalkan secara nasional pada Mei 2020, fitur itu belum bisa digunakan di seluruh faskes di Kota Bekasi. “Saat ini yang sudah menggunakan ada 41 dari 150 faskes. Tapi akan terus berkembang, dan harapannya bisa semua,” jelasnya.

Adapun dokter di 41 faskes itu berjumlah 76 orang. Hingga Agustus 2020 ini, tercatat baru sekitar 389 peserta di Kota Bekasi yang memanfaatkan fitur tersebut.

“Kami berharap semakin banyak peserta memanfaatkan aplikasi ini sehingga bisa terhindar dari risiko tertular Covid-19,” tukasnya.

Ia menambahkan, aplikasi Mobile JKN Faskes juga memberikan kemudahan bagi dokter untuk memantau kesehatan peserta dan melakukan edukasi kepada peserta tentang kondisi kesehatannya serta mengambil antrian online oleh peserta. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: