Aplikasi Gratis Untuk Pantau Cuaca Nusantara

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Minggu, 7 Februari 2016
loading...

Indolinear.com – Tanggal 20 Januari 2016 lalu, BMKG secara resmi merilis aplikasi bernama “Informasi Cuaca Indonesia”. Aplikasi ini bisa diunduh dengan gratis untuk smartphone Android versi 4.0 ke atas.

Menurut Wahyu Adjie, Kepala Biro Humas BMKG, dalam siaran pers BMKG, saat ini kebutuhan informasi cuaca terus meningkat dan BMKG memanfaatkan situasi ini untuk memberikan inovasi terbaru berbasis Android.

“Masyarakat ingin mendapatkan informasi cuaca secara sederhana, mudah, real time, terpercaya, dan akurat kerena di akhir-akhir ini sering terjadi bencana hidrologi, meteorologi, dan hidrometeorologi sehingga masyarakat memerlukan kebutuhan informasi sebagai sikap kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana alam yang ditimbulkan dari faktor cuaca,” Wahyu Adjie, Kepala Biro Humas BMKG.

Aplikasi ini secara umum dapat membantu masyarakat mendapatkan info seputar prakiraan cuaca Indonesia dan peringatan dini cuaca buruk di Indonesia. Menariknya, informasi tersebut tidak hanya mencakup kawasan propinsi atau kota besar, tetapi hingga Kabupaten hingga kecamatan.

Informasi prakiraan cuaca sudah tersedia untuk lebih dari 300 lokasi di seluruh Indoensia dan mempunyai jangkauan hingga 3 hari ke depan. Prakiraan cuaca ini tersedia sampai lingkup Kabupaten untuk 4 periode (pagi, siang, sore, dan malam) setiap harinya.

Lebih lanjut, informasi peringatan dini cuaca buruk skalanya lebih besar, sampai lingkup kecamatan. Sistem peringatan ini berbentuk peta dengan kode warna sebagai tanda tingkat bahaya cuaca.

“Pada tampilan sistem aplikasi android ini, masyarakat sangat mudah mengakses informasi cuaca secara mudah, real time, dan terpercaya sehingga diharapkan kehadiran aplikasi informasi cuaca Indonesia ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat terhadap informasi cuaca dari BMKG secara mudah,” tambah Wahyu.

Wahyu juga mengatakan bila nilai plus dari aplikasi ini adalah tersedianya pilihan lokasi prakiraan favorit, informasi prakiraan dan peringatan dini, dan informasi suhu yang dirasakan (feel temp) yang disebut heat index yaitu suatu kombinasi suhu dengan humidity (kelembaban) wilayah Indoensia. (uli)