Api Padam, Pertamina Memastikan Pasokan BBM Wilayah Bandung Tetap Aman

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Rabu, 23 Oktober 2019

Indolinear.com, Jakarta – Api yang membakar pipa BBM milik Pertamina yang berada di samping jalur tol Padalarang KM 130, Cimahi, Jawa Barat, pada Selasa (22/10/2019), telah berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.20 WIB.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman membenarkan kebakaran memang terjadi pada pipa milik Pertamina.

Namun pihaknya akhirnya berhasil mengatasi kebakaran pada pipa yang selama ini berfungsi untuk mengalirkan BBM dari Terminal BBM Ujung Berung ke Terminal BBM Padalarang.

“Kami turut prihatin atas insiden tersebut. Namun Alhamdulillah, berkat gerak cepat petugas di lapangan, saat ini kobaran api berhasil dipadamkan,” ujar Fajriyah, dalam keterangan tertulisnya, dilansir dari Tribunnews.com (22/10/2019).

Ia kemudian menjelaskan, pemadaman dilakukan menggunakan foam dan pemantauan pun terus dilakukan oleh tim Pertamina yang berada di lapangan.

Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Saat ini Pertamina, kata Fajriyah, juga terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait, seperti dinas pemadam kebakaran, kepolisian, serta instansi lainnya.

Penyaluran BBM melalui pipa pun saat ini dihentikan untuk sementara waktu.

Kendati demikian, ia memastikan bahwa pasokan BBM untuk wilayah Bandung dan sekitarnya saat ini tetap dalam kondisi aman.

“Pasokan Dex untuk wilayah Bandung masih tercukupi, termasuk dari Terminal BBM Padalarang yang stok saat ini berada di kisaran 19 hari,” kata Fajriyah.

Terkait penyebab terjadinya kebakaran itu, ia menyampaikan saat ini Pertamina masih melakukan proses penanggulangan dan investigasi bersama pihak terkait.

Penyebab kebocoran masih diselidiki

Pipa bahan bakar minyak (BBM) menuju Terminal BBM di pinggir jalan Tol Padalarang, Jawa Barat milik PT Pertamina (Persero) terbakar.

Manager Communication & CSR PT Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami mengatakan pihaknya saat ini fokus melakukan penanganan pipa di Tol Padalarang.

“Kejadian tersebut terjadi pada pipa yang tengah menyalurkan BBM jenis Pertamina Dex dari Terminal Ujung Berung Ke Padalarang, tepatnya di pinggir jalan tol Padalarang – Buah Batu KM 130,” ucap Dewi, Selasa (22/10/2019).

Dewi menjelaskan aliran BBM di pipa tersebut sementara sudah dihentikan.

Perusahaan plat merah ini mengaku sudah berkoordinasi dengan dinas pemadam kebakaran setempat untuk proses pemulihan.

Selain itu, Pertamina memastikan pasokan BBM di Bandung dan sekitarnya aman.

Disinggung dugaan kebkaran karena terkena pemasangan tiang pancang Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Dewi tak dapat memastikan.

Itu karena setiap kegiatan konstruksi semestinya di luar buffer zone instalasi Pertamina.

“Untuk penyebab kebakaran saat ini masih dalam tahap investigasi. Kami meminta maaf atas ketidaknyamaman dari dampak kebakaran ini,” jelas Dewi. (Uli)