Apa Saja Yang Dapat Dilakukan Di Dunia Metaverse?

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Jumat, 31 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Steve Benford, Professor of Collaborative Computing dari Universitas Nothingham, mencoba memberikan penjelasan lebih mudah tentang karakter dari metaverse dan apa saja yang bisa dilakukan di dunia fiksi itu.

Sebagaimana diketahui, metaverse adalah aktivitas virtual yang dapat dilakukan serupa dengan kehidupan nyata. Orang-orang bisa melakukan bisnis seperti biasa di dalamnya bahkan bisa membeli tanah dan bangunan.

“Jika idenya baru bagi Anda, mungkin ini membantu untuk memahami beberapa properti yang dapat Anda harapkan dari metaverse,” jelas dia dikutip dari Merdeka.com (30/12/2021).

Cukup dengan lima ciri ini, kata Steve, Anda bisa membayangkan bagaimana karakter dari metaverse sebagai teknologi masa depan:

  1. Dunia Virtual

Menurut pendapat Steve, karakteristik paling penting dari metaverse adalah dunia virtual. Anda dapat menjelajahinya menggunakan komputer, konsol game, seluler, teknologi yang dapat dikenakan, atau perangkat lain, sambil menikmati grafis dan suara 3D di sepanjang jalan.

  1. Virtual Reality

Untuk bisa menikmati dunia metaverse, Anda memerlukan headset VR. Fungsinya adalah agar Anda tenggelam dalam dunia maya, sehingga Anda merasa lebih hadir – setidaknya sampai Anda bertemu dengan sesuatu yang tersisa di dunia sehari-hari, seperti meja kopi.

  1. Sosial

Ada banyak orang lain di sana, direpresentasikan sebagai avatar. Beberapa avatar ini mungkin bot, agen virtual, dan manifestasi kecerdasan buatan. Anda dapat bergaul dengan orang lain atau bahkan melakukan sesuatu bersama. Aspek sosial kemungkinan menjadi pusat dalam metaverse Facebook mengingat sejarahnya sebagai jejaring sosial.

  1. Persisten

Dunia maya ini tersedia kapanpun jika Anda ingin mengunjunginya. Metaverse akan bergantung pada konten buatan pengguna – kreasi digital dan kisah pribadi Anda – dengan cara yang sama seperti yang dilakukan media sosial saat ini.

  1. Mewakili Dunia Nyata

Dalam beberapa visi metaverse, hal-hal virtual di dunia virtual sebenarnya mewakili hal-hal nyata di dunia nyata. Misalnya, Anda menerbangkan drone virtual di metaverse untuk mengarahkan drone sebenarnya di dunia nyata. Nantinya, orang-orang berbicara tentang yang nyata dan virtual sebagai “kembar digital” atau tidak ada bedanya. (Uli)