Apa Perbedaan Ballon d’Or dan The Best FIFA Football Awards?

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Rabu, 1 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Ballon d’Or dan The Best FIFA Football Awards adalah dua penghargaan individu paling bergengsi di dunia sepak bola.

Dua penghargaan paling prestisius ini diberikan untuk pemain sepak bola terbaik. Setiap tahun, para pemain terbaik di dunia bersaing untuk mendapatkan dua penghargaan tersebut.

Tak sedikit kemudian yang bertanya-tanya, apa saja perbedaan-perbedaan dari kedua penghargaan tersebut.

Lantas apa saja perbedaan Ballon d’Or dan The Best FIFA Football Awards?

Dilansir dari Kompas.com (30/11/2021), berikut perbedaan antara Ballon d’Or dan The Best FIFA Footbaal Awards.

Sejarah

Dilihat dari sejarahnya, Ballon d’Or lebih dulu muncul atau lebih tua dibandingkan dengan The Best FIFA Football Awards.

Ballon d’Or pertama kali digelar pada tahun 1956, digagas oleh majalah olahraga Perancis, France Football.

Ballon d’Or awalnya hanya diperuntukan bagi pemain-pemain yang berasal dari Eropa saja.

Namun, ketentuan tersebut berubah pada 1995 dengan memasukkan seluruh pemain dengan berbagai latar belakang kebangsaan yang berkarier di kompetisi Eropa.

Lalu, pada 2007, peraturan soal pemenang Ballon d’Or berubah lagi dengan semua pesepak bola di seluruh dunia berhak masuk daftar nominasi.

Sementara, The Best FIFA Football Awards baru muncul pada tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Induk Organisasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Sebelumnya, FIFA pernah menjalankan penghargaan dengan tema FIFA World Player of the Year mulai tahun 1991 hingga 2009. Namun setelah itu hilang ketika mereka bergabung dengan Ballon d’Or. Sistem Pemungutan Suara.

Sistem penilaian atau pemungutan suara dua penghargaan tersebut juga berbeda. Cara penentuan pemenang penghargaan Ballon d’Or semula dilakukan melalui pemungutan suara dari berbagai wartawan olahraga di penjuru Eropa.

Namun, setelah 2007, pelatih dan kapten tim nasional suatu negara juga diberikan hak untuk memilih pemenang Ballon d’Or. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email

Sedangkan pemenang The Best FIFA, diputuskan melalui perhitungan lewat suara yang masuk dari setiap kapten tim nasional, pelatih tim nasional, jurnalis terpilih, dan fans. Trofi Bentuk trofi tentu saja yang paling mencolok.

Trofi Ballon d’Or berbentuk bola emas dengan lapisan kristal didasarnya. Sementara trofi The Best FIFA Football Awards terbuat dari platinum dan karbon, yang menyerupai trofi Piala Dunia.

Ballon d’Or dan FIFA Pernah Bersatu Terlepas dari perbedaan Ballon d’Or dan The Best FIFA, ternyata FIFA sempat bekerja sama dengan France Football untuk memberikan penghargaan kepada para pelaku sepak bola terbaik bertajuk FIFA Ballon d’Or pada 2010. Namun, kerja sama ini berakhir pada 2015.

Sebagai gantinya, FIFA memperkenalkan The Best Fifa Football Awards karena nama Ballon d’Or digagas pertama kali oleh France Football. (Uli)