Apa Hebatnya Calon Mesin Bensin Tercanggih Sejagat

liputan6com/indolinear.com
Jumat, 24 November 2017
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Infiniti mempersiapkan diri untuk memperkenalkan QX50 di Los Angeles Auto Show mendatang. Mobil tersebut diklaim menggunakan mesin 2,0 liter 4-silinder berteknologi variable compression turbo (VC-T).

Dilansir dari Liputan6.com (22/11/2017), mesin tersebut merupakan mesin pertama di dunia yang mengadopsi variable compression. Teknologi tersebut dikembangkan oleh Nissan selama 20 tahun. VC-T dilengkapi perangkat yang dapat mengubah jarak main piston di dalam silinder hingga 6 mm.

Shinichi Kiga, Nissan chief powertrain engineer, mengungkapkan mesin VC-T diharapkan dapat menghantarkan efisien bahan bakar lebih baik 27 persen dibanding QX50s yang mengadopsi mesin 3,7 liter V6. Mesin VC-T sanggup memuntahkan tenaga 268 Tk dengan torsi puncak 390 Nm.

Bagaimana cara kerjanya? Pada mesin konvensional, rasio kompresi sudah tidak dapat berubah. Sedangkan, mesin VC-T dapat merubah jarak bermain piston, sehingga kompresi dapat berubah dari rasio 8:1 hingga 14:1.

Mesin tersebut hanya akan dipasangkan dengan transmisi berjenis CVT. Dikatakan mesin tersebut memiliki konsumsi bahan bakar 11,05 kpl. (Uli)