Anna Korakaki Jadi Perempuan Pertama Pembawa Obor Olimpiade

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Kamis, 13 Februari 2020
ARTIKEL INI BERISI PRODUK BARANG, KESEHATAN DAN BERAGAM OBAT KECANTIKAN. MARI JADIĀ PENGGUNA INTERNET SEHAT DAN CERDAS DENGAN MEMILAH INFORMASI SESUAI KATEGORI, USIA DAN KEPERLUAN.
loading...

Indolinear.com, Geneva -AtletĀ  menembak asal Yunani, Anna Korakaki akan menjadi perempuan pertama pembawa obor Olimpiade 2020. Ini juga kali pertama dalam sejarah Olimpiade tatkala atlet perempuan menjadi pembawa obor.

Korakaki, menurut catatan Komite Olimpiade Yunani, menorehkan prestasi terbaik pada Olimpiade Rio 2016.

Kala itu, perempuan kelahiran 8 April 1996 ini merebut medali emas untuk nomor pistol 25 meter. Api Olimpiade diambil dari lokasi Olimpiade Kuno di Athena Yunani.

Rencananya, setelah Anna Korakaki menyelesaikan rute membawa obor, dia akan dilanjutkan oleh Mizuki Noguchi. Atlet asal Jepang ini adalah pemenang nomor maraton putri pada Olimpiade Athena 2004.

Mizuki adalah adalah atlet pertama Jepang yang membawa obor Olimpiade, dilansir dari Kompas.com (12/02/2020).

Sementara itu, atlet judo Jepang Tadahiro Nomura dan atlet gulat asal Jepang Saori Yoshida bakal membawa obor Olimpiade itu di Yunani. Nomura dan Yoshida, masing-masing mengoleksi tiga medali emas Olimpiade bagi Jepang.

Menurut rencana, obor Olimpiade akan berada di Yunani selama delapan hari. Kemudian, api obor akan diserahkan ke Komite Olimpiade Tokyo dalam sebuah seremoni di Stadion Panathenaic di Athena, Yunani.

Atlet terakhir pembawa obor selama di Yunani adalah Katerina Stefanidi, peraih medali emas di Olimpiade Rio.

Jepang

Api obor Olimpiade akan diterbangkan dari Yunani ke Jepang dengan penerbangan khusus. Menurut rencana, api akan tiba di Tokyo pada 20 Maret 2020.

Perjalanan api Olimpiade selama di Jepang akan dimulai dari wilayah Tohoku di timur laut. Tohoku pada 2011 terlanda gempa bumi dan tsunami yang menewaskan sedikitnya 16.000 orang.

Selama 121 hari, api obor Olimpiade akan bertandang ke 47 prefektur. Api Olimpiade akhirnya akan dinyalakan mulai upacara pembukaan Olimpiade Tokyo di Stadion Nasional Tokyo pada 24 Juli 2020. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: