Anggota Sekte Heaven Gate Ditemukan Tewas Di California

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Selasa, 27 April 2021
loading...

Indolinear.com, San Diego – Polisi menemukan 39 korban bunuh diri massal di rumah besar di Rancho Santa Fe, pinggiran eksklusif San Diego, California.

Semuanya ditemukan berbaring dengan damai dalam pakaian gelap yang serasi dan sepatu kets Nike dan tidak memiliki tanda-tanda darah atau trauma yang terlihat.

Melansir dari Liputan6.com (25/04/2021), belakangan terungkap bahwa pria dan wanita tersebut adalah anggota kultus agama “Heaven Gate”.

Para pemimpinnya berkhotbah bahwa bunuh diri akan memungkinkan mereka meninggalkan “wadah” tubuh mereka dan memasuki pesawat ruang angkasa asing yang tersembunyi di balik komet Hale-Bopp.

Kultus tersebut dipimpin oleh Marshall Applewhite, seorang profesor musik yang selamat dari pengalaman mendekati kematian pada tahun 1972.

Dia direkrut ke dalam kultus oleh salah satu perawatnya, Bonnie Lu Nettles.

Ajaran Heaven Gate Membawa Para Pengikut kepada Kematian

Pada tahun 1975, Applewhite dan Nettles membujuk sekelompok 20 orang dari Oregon untuk meninggalkan keluarga dan harta benda mereka dan pindah ke Colorado timur, di mana mereka berjanji bahwa pesawat ruang angkasa akan membawa mereka ke “kerajaan surga”.

Nettles, yang menyebut dirinya “Ti,” dan Applewhite, yang mengambil nama “Do,” menjelaskan bahwa tubuh manusia hanyalah wadah yang dapat ditinggalkan demi keberadaan fisik yang lebih tinggi.

Karena pesawat ruang angkasa tidak pernah tiba, keanggotaan di Heaven Gate berkurang, dan pada tahun 1985 Bonnie Lu Nettles meninggal.

Selama awal 1990-an, kultus itu muncul kembali saat Applewhite mulai merekrut anggota baru.

Segera setelah penemuan komet Hale-Bopp pada tahun 1995, anggota Heaven Gate menjadi yakin bahwa pesawat ruang angkasa asing sedang menuju bumi, tersembunyi dari deteksi manusia di balik komet tersebut.

Pada bulan Oktober 1996, Applewhite menyewa sebuah rumah besar di Rancho Santa Fe, menjelaskan kepada pemiliknya bahwa kelompoknya terdiri dari para malaikat yang berbasis Kristen.

Applewhite menganjurkan pantang seksual, dan beberapa anggota sekte pria mengikuti teladannya dengan menjalani operasi pengebirian.

Pada tahun 1997, sebagai bagian dari orbit matahari selama 4.000 tahun, komet Hale-Bopp melintas di dekat Bumi dalam salah satu peristiwa astronomi paling mengesankan di abad ke-20.

Pada akhir Maret 1997, ketika Hale-Bopp mencapai jarak terdekatnya ke Bumi, Applewhite dan 38 pengikutnya meminum campuran fenobarbital dan vodka yang mematikan dan kemudian meninggal.

Mereka berharap untuk meninggalkan wadah tubuh mereka, memasuki pesawat ruang angkasa asing, dan melewati Gerbang Surga menuju keberadaan yang lebih tinggi. (Uli)