Anggota Satlinmas Kelurahan Pakulonan Dilatih Tenaga Ahli Khusus

FOTO: Eksklusif Kecamatan Serpong Utara for indolinear.com
Rabu, 11 November 2020
loading...

Indolinear.com, Tangsel – Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan menghadirkan secara langsung tenaga ahli bidang keamanan dari Bandara Soekarno – Hatta untuk melatih  20 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang bertugas menjaga keamanan di empat RW.

Haryadi selaku Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Pakulonan di Kecamatan Serpong Utara mengatakan tujuan dari pelatihan adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota Satlinmas dalam menjaga wilayah.

Sebab gangguan keamanan bisa terjadi kapan saja dan tanpa diketahui sehingga perlu adanya kemampuan dalam menanganinya. Selain itu, anggota Satlinmas pun dibekali dengan ilmu pengetahuan hukum terkait dasar menjaga keamanan suatu wilayah.

Tujuannya adalah ketika adanya gangguan maka anggota tersebut bisa mengatasi sebelum berkoordinasi dengan aparat yang berwenang.

“Satlinmas adalah garda terdepan dalam menjaga keamanan wilayah agar warga merasa nyaman tinggal sehingga perlu adanya bekal yang dimiliki seperti keterampilan dan ilmu pengetahuan. Ketika ada gangguan keamanan maka anggota Satlinmas bisa menjelaskan dasar dari tugasnya,” ujarnya.

Camat Serpong Utara Bani Khosyatullah mengatakan anggota Satlinmas diharapkan dapat terus meningkatkan keterampilan yang telah diberikan tenaga ahli melalui pelatihan yang telah dilaksanakan. Tak hanya itu, Satlinmas pun dapat berperan aktif dalam melapor adanya gangguan keamanan di wilayah.

Sehingga berbagai persoalan dapat sedini mungkin dicegah. Termasuk juga adanya bencana alam yang dapat terjadi sewaktu – waktu. Linmas mampu mengarahkan warga dalam menangani suatu bencana seperti kebakaran, banjir dan lainnya.

Kemudian Bani juga menegaskan kepada seluruh masyarakat untuk tidak melibatkan Linmas hanya pada proses pernikahan atau kegiatan tertentu. Sebab Linmas di Kelurahan Pakulonan telah dibekali dengan keterampilan dan kemampuan.

“Bukan hanya itu saja, tugas Satlinmas juga harus bisa menangani semua masalah gangguan keamanan di wilayah, serta sigap terhadap bencana apapun bentuknya,” katanya.(ADV)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: