Anggota Polres Ponorogo Ciptakan Mobil ‘Barakuda’ Untuk Bantu Keadaan Darurat

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 15 Desember 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Seorang anggota polisi dari Polres Ponorogo, Jawa Timur memiliki sebuah mobil yang cukup unik. Mobil tersebut sekilas berbentuk seperti kendaraan barakuda yang difungsikan untuk membantu kepolisian dalam menangani kerusuhan.

Namun bukan kekacauan yang akan diselesaikannya, melainkan untuk membantu keadaan darurat yang terjadi di lingkungan tempat tinggal dari anggota polisi bernama lengkap Aiptu Iwan Subagyo tersebut.

Melansir dari Merdeka.com (14/12/2020), mobil pribadi kesayangan Iwan merupakan sebuah mobil Suzuki Carry tahun 1981 yang ia modifikasi menyerupai kendaraan taktis barakuda dan difungsikan untuk membantu sesama dalam keadaan tertentu.

Multi Fungsi

Menurut Aiptu Iwan, ia sengaja membentuk mobilnya tersebut bukan hanya agar terlihat unik. Melainkan memiliki beragam fungsi untuk membantu masyarakat sekitar. Dirinya menyebutkan mobil kesayangannya itu kerap membantu memperbaiki lampu penerangan jalan yang rusak, baik di lingkungan rumah maupun di jalan raya.

Selain itu, di mobil berwarna hitam merah dengan berbagai atribut seperti pelindung kaca depan, tangga di belakang dan tangki minyak mini tersebut juga dilengkapi dengan berbagai peralatan perkakas lainnya seperti sepatu boot, gergaji untuk memotong pohon serta peralatan untuk mempermudah pekerjaan lainnya.

“Intinya saya memiliki mobil tersebut bukan hanya bisa berguna untuk diri sendiri, melainkan bisa berguna bagi orang lain. Contohnya mobil ini bisa difungsikan sebagai tangga berjalan untuk memperbaiki lampu di jalan yang mati,” katanya kepada wartawan seperti melansir dari kanal YouTube Berita Jatim TV tersebut.

Membantu Masyarakat saat Bencana

Tak sampai di situ, menurut polisi yang akrab disapa Iwan tersebut mobilnya juga pernah digunakan untuk membantu mengevakuasi warga yang terjebak banjir di sebuah perumahan di kawasan Ponorogo pada 2018 lalu.

Ketika itu disebutkan banjir tersebut merendam pemukiman warga setinggi kurang lebih 0,5 meter. Karena mobil milik Iwan memiliki kaki-kaki roda yang cukup tinggi sehingga mobil taktis barakuda sederhana tersebut bisa menerjang banjir dengan leluasa. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: