Anggota Komisi VII Rudy Mas’ud Dorong Pemutakhiran Alutsista

FOTO: dpr.go.id/indolinear.com
Kamis, 14 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Anggota Komisi VII DPR RI Rudy Mas’ud mendorong seluruh pihak di parlemen dapat terlibat aktif menyuarakan dan menjaga kedaulatan bangsa dari ancaman-ancaman. Kasus ditemukannya drone asing di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu membuatnya menyadari bahwa sudah saatnya Indonesia melakukan pemutakhiran teknologi alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Hal tersebut diutarakan dalam interupsinya pada saat Rapat Paripurna di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta. Menurutnya dengan status Indonesia sebagai negara maritim dan bahkan memiliki Alur Kepulauan Republik Indonesia (Alki), kasus penemuan drone asing di wilayah sendiri telah menjadikan ancaman yang sangat serius untuk pertahanan Indonesia.

“Oleh karena itu tentunya sistem keamanan ini wajib kita tingkatkan. Mengapa demikian? Pertama alat utama sistem persenjataan kita ini tidak tertinggal, tetapi juga tidak modern. Bagaimana kita harus menjaga seluruh wilayah Republik Indonesia ini dari sabang sampai Merauke dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote ini tentunya dengan teknologi yang tinggi,” terangnya, dilansir dari Dpr.go.id (13/01/2021)

Politisi Fraksi Partai Golkar ini menjelaskan dengan adanya kejadian tersebut membuktikan bahwa Indonesia tidak dalam kondisi siap perang. Untuk itu ia mendorong pemerintah serius menangani permasalahan kekurangan alutsista tersebut. Pemutakhiran dikatakannya bisa dilakukan dengan meningkatkan angggaran riset untuk percobaan penelitian, serta uang belanja alutsista.

“Kapal perang juga kita ketahui sangat terbatas, bahkan juga perlu pemutakhiran yang lebih canggih untuk menjaga kedaulatan Republik Indonesia ini. Sekali lagi berkaitan dengan alutsista ini perlu, perlu sekali kita tingkatkan dan menjadi sorotan kita bersama tidak hanya untuk pemerintah,” tukas politisi dapil Kalimantan Timur tersebut. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: