Anggota DPR Mengusulkan Moratorium Perjalanan Dari Negara Terdampak Corona

FOTO: detik.com/indolinear.com
Kamis, 12 Maret 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKB Abdul Kadir Karding mengusulkan adanya penghentian atau moratorium sementara dari negara-negara terdampak virus Corona ke Indonesia. Hal itu menurutnya dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

“Saya sih punya pikiran agak radikal terhadap antisipasi penyebaran virus Corona. Kalau perlu kita moratorium sementara terhadap 10 negara yang potensial. Moratorium sementara dengan batas-batas tertentu. Ya salah satunya tentu misalnya China, Jepang, Korea, Iran,” kata Karding di gedung DPR, Senayan, Jakarta, dilansir dari Detik.com (11/03/2020).

Selain itu, menurut Karding, pemerintah perlu memberikan informasi yang menyeluruh kepada masyarakat terkait virus Corona. Sistem deteksi di bandara dan pelabuhan sebagai ‘pintu masuk’ ke Indonesia, menurutnya, juga perlu diperketat.

“Harus lebih memperketat, harus ada tim yang di daerah-daerah, misalnya di bandara atau pelabuhan yang memang harus fokus,” ujarnya.

Lebih lanjut, Karding menilai perlu ada crisis center di kabupaten/kota sebagai pusat informasi terkait virus Corona. Hal itu diperlukan, kata Karding, agar tidak muncul kepanikan di masyarakat.

“Ada crisis center di setiap kabupaten/kota yang melibatkan semua pihak. Dokternya, pemdanya, polisinya, tentaranya, tokoh-tokoh masyarakatnya yang kira-kira antisipasi semua kejadian dengan melihat kejadian yang ada di Wuhan, misalnya,” ujar Karding.

“Jangan kayak kemarin, panik sebentar, masker, dan hand sanitizer habis. Ini kan artinya kita harus betul-betul siap,” imbuhnya.

Karding mengatakan pihaknya ingin memberikan usulan itu kepada Kementerian Luar Negeri. Namun, hal itu belum bisa dilakukan karena DPR saat ini masih dalam masa reses.

“Saya kira begitu (akan disampaikan ke Kemlu), sayangnya kita reses ini jadi ya nggak tepat juga disampaikan,” pungkasnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: