Andrea Dovizioso Optimistis Tatap Balapan MotoGP Inggris 2019

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 24 Agustus 2019

Indolinear.com, Jakarta – Pebalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, mengharapkan hasil bagus pada MotoGP Inggris 2019 yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, akhir pekan ini.

Andrea Dovizioso datang ke Silverstone dengan modal yang cukup bagus, yaitu gelar juara MotoGP Austria 2019.

Pada balapan yang berlangsung sengit di Red Bull Ring tersebut, Dovizioso berhasil mengalahkan pimpinan klasemen sementara, Marc Marquez (Repsol Honda), di tikungan terakhir lap final. Dovizoso pun sukses menyabet titel kampiun seri balap kedua sepanjang musim ini.

Tak hanya itu, kemenangan Dovizioso juga semakin menegaskan hegemoni Ducati di Red Bull Ring. Ducati kini tercatat sudah memenangi balapan MotoGP Austria selama empat musim terakhir.

Bagi pebalap Italia yang akrab disapa Dovi ini, kesuksesan pada MotoGP Austria 2019 sekaligus memangkas jarak poinnya dengan Marquez sebanyak lima poin pada klasemen sementara pebalap. Berbekal hal tersebut, Dovizioso pun menyambut MotoGP Inggris 2019 dengan optimisme tinggi.

“Tidak ada yang lebih memuaskan daripada kemenangan,” ujar Dovi seperti dikutip dari Kompas.com (23/08/2019).

Pebalap berusia 33 tahun ini juga mengatakan bahwa dia datang ke Silverstone pada akhir pekan ini dengan semangat yang tinggi.

“Kemenangan di Red Bull Ring bukanlah kebetulan. Kami bekerja dengan sangat baik dalam dua race terakhir. Hasil yang kami raih menjadi buktinya,” ujar Dovizioso lagi.

Sejarah mencatat, Dovizioso juga memiliki pengalaman baik di Sirkuit Silverstone. Baca juga: Thailand Cari Perpanjangan Kontrak Sirkuit MotoGP Pada MotoGP Inggris 2017, Dovizioso berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan dua rider Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi.

Sementara itu, Marc Marquez hanya mampu membalap selama tujuh putaran sebelum akhirnya meraih hasil gagal finis. Catatan inilah yang ingin diulangi oleh Dovizioso di Silverstone pada akhir pekan nanti.

“Karakteristik Sirkuit Silverstone tidak begitu cocok bagi Ducati. Tidak seperti Automotodrom Brno ataupun Red Bull Ring,” kata Dovizioso memaparkan kondisi trek yang akan dihadapi timnya.

“Namun, kami sudah membuktikan bahwa kami bisa sangat cepat di sini, seperti pada musim 2017 ketika kami menjadi juara,” ucap Dovi. “Seperti biasanya, cuaca akan memegang peranan yang sangat penting. Kami harus siap untuk beradaptasi dengan berbagai kemungkinan,” tutur Dovi.

Cuaca memang menjadi faktor yang sangat diwaspadai oleh para rider selama beraksi di Sirkuit Silverstone. Pada musim lalu, balapan MotoGP Inggris batal digelar karena kondisi lintasan yang tergenang air hujan.

MotoGP Inggris 2019 akan dimulai dengan menggelar dua sesi latihan bebas alias free practice (FP) pada hari Jumat (23/8/2019). Sementara itu, sesi balapan akan dilangsungkan pada hari Minggu (25/8/2019) mulai pukul 19.00 WIB. (Uli)