Ambil Wudhu Buat Sholat Di Tengah Pesta, Pengantin Wanita Malah Dihujat

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Jumat, 19 Maret 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sebuah video pengantin wanita tetap menjalankan sholat 5 waktu di tengah pesta pernikahannya, viral di media sosial.

Video yang diunggah kreator TikTok @MojokertoMakeup_ itu viral bukan karena sholat sang pengantin, tapi wudhu yang dilakukannya.

Melalui video itu, pemilik akun @viendra41 menulis pujian bagi pengantin wanita yang tetap sholat 5 waktu meski sedang pesta.

Sementara di latar belakang, tampak pengantin wanita berbusana biru dan berjilbab krem sedang mengambil air wudhu, dilansir dari Dream.co.id (18/03/2021).

Puji Makeup Tidak Luntur Meski Wudhu 3 Kali

Kreator TikTok yang merupakan seorang MUA kemudian mengatakan dia tidak pernah melarang pengantin yang diriasnya untuk wudhu.

Karena meski sudah berwudhu, riasan yang dipakai pengantin dijamin tidak akan luntur terkena air.

” Dan alhamdulillah walau 3x wudhu MAKEUP STAY,” ujar sang MUA di dalam video.

Wudhu Tidak Sah Karena Masih Pakai Makeup

Sayangnya, bukannya mendapat pujian, pengantin itu tetap sholat di tengah pesta malah dicibir netizen.

Menurut netizen, wudhu yang dilakukan pengantin wanita tersebut tidak sah menurut hukum Islam.

Masalahnya, dia hanya menyiram bagian wajahnya tanpa membasuh bagian samping.

Salah Satu Syarat Sah Wudhu

Selain itu, air yang dibilaskan harus menyentuh kulit secara langsung dan tidak boleh terhalangi. Jika sampai terhalang, maka wudhu menjadi tidak sah.

Karena itu, bagi Muslimah yang mengenakan makeup waterprrof, maka diharuskan menghapus riasannya lebih dulu. Setelah itu, barulah dia boleh berwudhu.

Bukan Banjir Pujian, Tapi Kecaman

Video yang diunggah @MojokertoMakeup_ ini viral setelah ditonton lebih dari 3 juta kali dan mendapat 11 ribu lebih komentar bernada protes dari netizen.

Mereka menyayangkan pengantin wanita yang tidak menghapus makeup saat berwudhu. Tapi malah membanggakan makeup itu karena tak luntur ketika mengambil wudhu. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: