Amazfit T-Rex Pro: Smartwatch Berstandar Militer Seperti Asisten Pribadi Digital Anda

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 22 April 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Permintaan wearable device termasuk smartwatch secara global meningkat pada tahun lalu. Lembaga riset IDC melaporkan, pengapalan perangkat ini tumbuh 28 persen menjadi 444,7 juta unit dibandingkan tahun sebelumnya.

Data pengapalan ini menandakan permintaan masyarakat terhadap perangkat ini memang naik kala pandemi Covid-19. Menjaga kondisi badan tetap sehat selama pandemi tampaknya menjadi pendorong masyarakat mengonsumsi perangkat ini lebih besar dari sebelumnya.

“Program fitnes dalam rumah dengan cepat menjadi komponen penting yang ditawarkan wearable devices dari banyak perusahaan,” ujar Jitesh Ubrani, Research Manager IDC Mobile Device Tracker, dalam rilisnya, dilansir dari Merdeka.com (21/04/2021).

Ya, gaya hidup sehat semakin bermakna kala pandemi. Keinginan untuk tetap sehat menjadikan smartwatch (jam tangan pintar) semakin populer berkat fitur-fiturnya yang berlimpah.

Banyak pemain di pasar perangkat ini, satu yang dikenal adalah Amazfit, yang baru saja meluncurkan tipe anyar; Amazfit T-Rex Pro. Smartwatchbergaya sporty untuk mendukung aktivitas luar ruang (outdoor).

Amazfit T-Rex Pro diakui lulus 15 pengujian berstandar militer dan tiga pengujian ketahanan tambahan. Dengan label ‘pro’, Amazfit T-Rex anyar ini memiliki beberapa fungsi baru, yakni ketahanan terhadap air hingga 10 ATM, sistem pengukuran tingkat saturasi oksigen dalam darah, empat sistem satelit navigasi global, altimeter barometrik, dan lebih 100 mode olahraga.

Singkatnya, smartwacth ini bisa Anda bawa berolahraga bahkan berpetualang pada hampir semua kondisi ekstrem.

Baru-baru ini Merdeka.com mendapat kesempatan menjajal Amazfit T-Rex Pro ini. Berikut ulasannya:

Pertama, untuk menggunakan smartwatch ini, kita mesti mengunduh aplikasi mobile Zepp. Setelah aplikasi Zepp berhasil diunduh, selanjutnya lakukan scan kode QR Amazfit ini untuk pairing smartwatch dengan Zepp.

Setelah pairing berhasil, jam tangan pintar ini otomatis menampilkan petunjuk waktu yang benar.

Amazfit T-Rex Pro memiliki empat tombol di bodinya. Tombol kanan atas untuk power on/off dan menu untuk workout. Total ada 100 aktivitas yang dirangkum dalam jam tangan pintar ini, antara lain lari luar ruangan, berjalan, bersepeda luar ruang, treadmill, bersepeda dalam ruang, berenang di kolam, berenang di perairan terbuka, bertinju, memanjat, trail run, ski, berkuda, memanah, mengemudi mobil, dan sebagainya. Dijamin bisa memenuhi segala keinginan aktivitas kita.

Semementara tombol kanan bawah, selain untuk back, untuk menampilkan menu seperti target aktivitas, detak jantung, musik, cuaca, suhu, PAI, alarm, workout, cuaca, kompas, stopwatch, pengaturan, dan sebagainya.

Sedangkan tombol kiri atas dan bawah berfungsi untuk upper menu dan lower.

Tapi kalau mau simpel, kita sebenarnya bisa menggunakan teknologi layar sentuhnya. Tinggal swipe ke kiri dan kanan atau ke atas dan ke bawah, Anda bisa mengeksplorasi menu dan fitur-fitir jam tangan ini yang berlimpah.

Desain dan Bodi

Amazfit T-Rex Pro memiliki layar Amoled 1,3 inci. Berteknologi layar sentuh dengan kerapatan piksel 360×360. Desainnya sangat sporty dan army look sehingga berkesan tangguh. Dengan material polycarbonate, jam tangan ini ringan, hanya 59,4 gram termasuk tali. Talinya juga lentur tapi kuat dan nyaman di kulit.

Menariknya, cover jam tangan pintar ini memiliki 5 model. Memang lebih sedikit dari Amazfit GTR 2e yang punya 8 cover. Meski hanya 5, cover Amazfit T-Rex Pro juga keren karena memiliki model analog, digital, hingga army. Jadi Anda tidak bosan memandangnya kelak, karena bisa diganti-ganti.

Dari 5 cover itu, selain penunjuk waktu, juga ditampilkan kondisi kapasitas baterai, informasi denyut jantung, jumlah langkah, prediksi cuaca (weather), dan sebagainya.

Untuk Beraktivitas; Olahraga

Beberapa kali kami menjajal menu workout/olahraga. Selain untuk aktivitas berjalan, kami juga menjajalnya untuk aktivitas lari di luar ruangan. Bahkan juga untuk bermain futsal. Masing-masing aktivitas itu berdurasi 1-2 jam.

Dengan menjajal menu workout, seluruh aktivitas kami tercatat dengan baik. Jam tangan pintar ini merekam dan melaporkan aktivitas olahraga tersebut. Informasi yang diberikan antara lain jumlah kalori yang dibakar, detak jantung, dan PAI. Untuk aktivitas berlari, terekam rute berlari, jarak, jumlah langkah, dan lain-lain.

Fitur yang menurut saya penting, data terkini detak jantung. Karena kadang saat berolahraga seperti futsal yang banyak bergerak, karena asyik bermain, kita suka abai soal detak jantung yang terlalu cepat. Dengan fitur ini, kita bisa mengontrol alias beristirahat sejenak bisa detak jentung sudah terlalu cepat.

Menariknya, dengan menu 100 lebih aktivitas dan olahraga, Anda juga bisa memilih dengan mudah aktivitas atau olahraga yang ingin dilakukan. Hampir tiada aktivtas yang tidak ada di menunya. Bahkan untuk berenang di perairan terbuka sekalipun ada.

Intinya, jam pintar ini membuat aktivitas Anda termasuk berolahraga menjadi lebih terukur dan tidak berlebihan, sehingga tetap aman bagi kondisi badan.

Daya Baterai

Catu daya baterai jam tangan pintar ini menggunakan model magnetik. Tinggal mendekatkan kabel dayanya, perangkat langsung menempel dengan bagian magnetic yang berada di belakang jam untuk menambah daya baterainya.

Amazfit T-Rex Pro menggunakan baterai lithium-ion polymer battery berkapasitas 390 mAh. Untuk penggunaan harian-normal mampu bertahan hingga 18 hari. Bahkan bisa lebih dari 18 hari, seperti yang saya alami, kondisi baterai masih 20 persen, padahal pemakaian sudah lebih dari 20 hari. Sedangkan untuk penggunaan berat hingga 9 hari.

Sementara waktu catu daya baterainya cukup singkat, sekitar 1,5 jam untuk mencapai kondisi 100 persen.

Berlimpah Fitur

Sebagai jam tangan pintar, Amazfit T-Rex Pro berlimpah fitur fungsional. Selain bisa berfungsi sebagai senter, jam tangan ini juga bisa jadi pengingat jadwal/agenda harian, menetapkan goal aktivitas harian, mendengarkan musik, notifikasi, dan sebagainya.

Kesimpulan

Amazfit T-Rex Pro merupakan jam tangan pintar pilihan bagi kita yang suka desain sporty dan tangguh. Dengan material berkualiyas yang nyaman di kulit Tangan Anda, serta fitur-fitur pintar berlimpah, T-Rex Pro laksana asisten pribadi kita yang memiliki gaya hidup digital dan sehat sekaligus.

Spesifikasi Amazfit T-Rex Pro

Ukuran (dial): 47,7 x 47,7 x 13,5 mm

Pilihan warna:  Meteorite Black, Desert Grey, Steel Blue

Positioning GPS+GLONASS/ GPS+BeiDou/ GPS+Galileo,

Bluetooth Bluetooth® 5.0 BLE

Sensors BioTracker™2 PPG Bio-Tracking Optical Sensor, 3-axis acceleration sensor, 3-axis gyroscope sensor, Geomagnetic sensor, Ambient light sensor, Barometric altimeter

Touchscreen Tempered glass + anti-fingerprint coating

Body Materials Polycarbonate

Strap Materials Silicone rubber

Strap Width 22mm

Water-resistance Grade 10 ATM

GPS continuous working time: 40 hours

Operating System: RTOS

Supported Devices Android 5.0 or iOS 10.0 or above (Uli)